Fenomena Langit September 2020: Retrograde Mars hingga Equinox

Kompas.com - 01/09/2020, 17:33 WIB
Tripel konjungsi Bulan-Venus-Beehive: 14 September 2020 StellariumTripel konjungsi Bulan-Venus-Beehive: 14 September 2020

KOMPAS.com - Pada bulan ini, luangkan waktu untuk mengalihkan perhatian mata Anda dari televisi, ponsel dan distraksi lainnya menuju langit beserta objek-objeknya. 

Pasalnya, seperti diungkapkan oleh Emanuel Sungging selaku Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN) pada Selasa (1/9/2020) kepada Kompas.com, ada banyak fenomena langit menarik yang terjadi pada bulan September 2020.

Berikut adalah tujuh rekomendasi Sungging yang tidak boleh dilewatkan:

1. Bulan purnama jagung penuh: 2 September 2020

Pada setiap bulannya, akan ada fenomena Bulan purnama dengan nama-nama yang unik.

Baca juga: Pertama Kalinya, NASA Juno Tangkap Fenomena di Bulan Terbesar Jupiter

Nah, Bulan purnama kali ini disebut sebagai Bulan Jagung Penuh (Full corn moon) dan Bulan Jelai Penuh (Full barley moon), karena pada saat inilah tanaman jagung dan jelai sedang dipanen.

Puncak Bulan purnama pada tanggal 2 September 2020 ini terjadi pada pukul 12.21 WIB dengan jarak geografis 399.200 kilimeter dan diameter sudut 29,5 menit busur.

2. Konjungsi Bulan-Mars: 5-6 September 2020

Puncak konjungsi Bulan-Mars di Indonesia terjadi pada tanggal 6 September 2020.

Waktu puncak bervariasi antara pukul 13.42 WIT di Jayapura dan pukul 11.43 WIB di Sabang.

Emanuel berkata, dalam kondisi fenomena ini, Bulan dan Mars terletak di konstelasi Pisces dekat manzilah Alrescha.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X