Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halo Prof! Bagaimana Menjaga Kesehatan dan Kesuburan Penis?

Kompas.com - 26/08/2020, 20:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Editor

KOMPAS.com - Kesehatan organ intim tidak kalah pentingnya dari kesehatan bagian tubuh yang lain. Menyadari akan hal ini, seorang pembaca Kompas.com bernama Lukman mengirimkan pertanyaannya ke Halo Prof!:

"Maaf Prof, saya mau tanya terkait kesehatan pada kemaluan. Saya sering merasa sakit saat ereksi atau ketika merangsang. Solusinya biar subur dan sehat bagaimana ya, Prof? Terima kasih."

Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh dr. Nugroho Setiawan, Sp.And, Dokter Spesialis Andrologi dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Halo Bapak Lukman, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Baca juga: Halo Prof! Kenapa Badan Jadi Pegal Selama WFH atau Kerja dari Rumah?

Penis nyeri saat ereksi bukan hal yang normal dan merupakan tanda penyakit tertentu. Ada beberapa penyebab penis terasa nyeri saat ereksi antara lain:

• Peyronie, adanya jaringan parut di penis yang umumnya disebabkan oleh riwayat cedera penis atau riwayat infeksi di jaringan penis

• Priapism, ereksi berkepanjangan lebih dari empat jam tanpa henti. Umumnya karena mengonsumsi obat-obatan maupun minuman beralkohol

• Balanitis, keadaan infersi di glans penis/kepala penis

Untuk menjaga kesehatan organ intim dan kesuburan adalah bagaimana agar sehat dan bugar secara seksual dan memproduksi semen atau sperma yang normal.

Baca juga: Halo Prof! Kencing Sering Tidak Tuntas Itu Gejala Penyakit Apa?

Produksi sperma berasal dari testis atau buah zakar yang normal dan mempunyai temperatur optimal, yaitu sekitar 33 derajat celsius, atau 4 derajat celcius lebih rendah dari suhu tubuh.

Letak testis yang baik adalah menggantung dari kantong zakar/skrotum yang longgar dan berkerut-kerut, atau tidak disertai adanya otot-otot kremaster untuk menarik dan menurunkan testis saat kedinginan atau kepanasan, sehingga suhu testis selalu 33 derajat Celsius.

Kebiasaan berendam di air panas, menggunakan celana ketat, dan bekerja dengan paparan suhu panas pada sekitar testis sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan organ intim Bapak.

Semoga jawaban saya membantu ya, Pak. Terima kasih.

dr. Nugroho Setiawan, Sp.And

Dokter Spesialis Andrologi

RS Pondok Indah – Pondok Indah

Punya pertanyaan terkait kesehatan dan sains yang membuat Anda penasaran? Kirimkan pertanyaan Anda ke haloprof17@gmail.com untuk dijawab oleh ahlinya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com