Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamasutra Satwa: Kuda Nil Jantan Semburkan Feses untuk Gaet Pasangan

Kompas.com - 14/08/2020, 20:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com – Hewan-hewan besar biasanya memiliki ritual unik untuk menggaet pasangan. Jerapah jantan misalnya, meminum urin pasangannya untuk mengetes apakah si betina sudah siap untuk kawin.

Jika jerapah terfokus pada urin, lain halnya dengan kuda nil. Hewan besar satu ini juga punya ritual unik untuk menggaet pasangan, dengan cara yang bisa dibilang lebih jorok: menyemburkan feses ke berbagai arah.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Sebelum Bercinta, Jerapah Jantan Minum Urine Pasangannya

Mengutip BBC, Jumat (14/8/2020), kuda nil memang terkenal sebagai hewan territorial. Mereka suka menumpuk feses untuk memagari teritori mereka pada rawa-rawa. Dalam ritual reproduksi, kuda nil juga menggunakan feses mereka untuk menggaet pasangannya.

Dua kuda nil jantan tertangkap kamera berkelahi memperebutkan wilayah di sungai Chobe, Botswana.Caters News Agency/Daily Mail Dua kuda nil jantan tertangkap kamera berkelahi memperebutkan wilayah di sungai Chobe, Botswana.

Saat siap untuk bereproduksi, kuda nil jantan biasanya mendekati teritori betina kemudian menyemburkan fesesnya ke berbagai arah. Kuda nil jantan menggunakan buntutnya untuk membuat feses ‘terbang’ semakin jauh, bisa dua meter jauhnya!

Baca juga: Kamasutra Satwa: Semua Terlahir Jantan, Bagaimana Ikan Badut Bereproduksi?

Tak sampai di situ. Jika tertarik, kuda nil betina akan membalas dengan melakukan hal serupa yaitu menyemburkan fesesnya. Ilmuwan menyebut perilaku ini sebagai submissive defecation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com