Sempat Membingungkan Ilmuwan, Terungkap Mengapa Semut Ini Berbulu Putih

Kompas.com - 16/07/2020, 18:01 WIB
Bentuk mimikri. Semut beludru Thistle-down (kiri) berbulu putih menyerupai buah creosote (kanan). PHYS/Joseph WilsonBentuk mimikri. Semut beludru Thistle-down (kiri) berbulu putih menyerupai buah creosote (kanan).


KOMPAS.com- Di antara semak-semak creosote di Gurun Mojave, ada bola-bola berwarna putih berjatuhan. Namun, itu bukan buah creosote yang berjatuhan, tetapi serangga unik, yakni semut beludru Thistledown.

Semut beludru dari gurun yang berlokasi di Amerika Utara ini memang unik, sehingga membuat ilmuwan pun kebingungan.

Meski disebut semut, namun sejatinya semut beludru ini merupakan tawon yang memiliki sengatan yang menyakitkan dan memiliki bulu-bulu halus seperti sutera.

Warna putihnya juga menjadi ciri unik dari semut ini.

Baca juga: Serba-serbi Hewan, Kenapa Semut Tidak Pernah Alami Macet?

Seperti dikutip dari Phys, Rabu (15/7/2020), peneliti sejak lama berasumsi kalau serangga dengan nama latin Dasymutilla gloriosa ini mengembangkan tubuh putihnya sebagai bagian dari mekanisme mimikri.

Mimikri adalah bentuk pertahanan, yakni saat hewan meniru spesies lain dengan penampilan berbeda sebagai upaya melindungi diri dari predator atau hewan lainnya.

 

Bisa berupa perilaku maupun suara, dan dalam hal ini semut beludru meniru buah creosote dan benar-benar mirip.

"Logis berasumsi jika semut beludru bersembunyi dari predator di antara buah creosote yang jatuh melalui tubuh putih mereka," ungkap Joseph Wilson, ahli biologi dari Utah State University.

Halaman:


Sumber PHYSORG
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X