Kompas.com - 15/07/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi sistem Tata Surya dengan sembilan planet. Planet 9 atau Planet X ditemukan astronom berdasarkan hipotesis matematika. SHUTTERSTOCK/Vadim SadovskiIlustrasi sistem Tata Surya dengan sembilan planet. Planet 9 atau Planet X ditemukan astronom berdasarkan hipotesis matematika.

KOMPAS.com - Planet 9 kali pertama terkuak dari penemuan para astronom pada Januari 2015 silam, yang mengubah pandangan kita tentang Tata Surya.

Planet raksasa ini kemungkinan telah mengorbit Matahari, jauh di pinggiran Tata Surya.

Dijuluki juga sebagai Planet X, penemuan ini berdasarkan perhitungan matematis dan hipotesis planet belum teramati.

Namun, seperti dilansir dari Inverse, Rabu (15/6/2020), sekelompok peneliti dari Harvard University segera menentukan objek misterius ini.

Baca juga: Misteri Planet 9, Ini Rencana Pencarian Lubang Hitam di Pinggir Tata Surya

Para ilmuwan dari Black Hole Initiative, di perguruan tinggi tersebut telah menemukan metode baru untuk mendeteksi lubang hitam di bagian terluar Tata Surya.

Dengan metode baru ini, mereka berharap akan dapat memastikan apakah Planet 9 sebenarnya adalah sebuah planet atau lubang hitam.

Studi ini telah diterima untuk dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal Letters.

Ilustrasi lubang hitam di suatu galaksi. Ilustrasi lubang hitam di suatu galaksi.