Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Destinasi Keren di Mars untuk Turis Masa Depan

Kompas.com - 27/05/2020, 20:03 WIB
Yohana Artha Uly,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi yang pesat membuat Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat, NASA dan SpaceX selaku perusahaan transportasi luar angkasa berencana menjadikan Planet Mars sebagai hunian manusia.

Misi kolonisasi Mars ini sudah menjadi rahasia umum. Jika misi terlaksana, ada banyak tempat di Mars yang bisa menjadi detinasi bagi para wisatawan di masa depan.

Mulai dari gunung berapi terbesar di Tata Surya, hingga kawah yang menunjukkan kemungkinan adanya air di Mars. Melansir Space, Rabu (26/65/2020). berikut 8 destinasi keren yang bisa dikunjuni di Mars:

1. Olympus Mons

Olympus Mons merupakan gunung berapi terbesar di Tata Surya. Menurut NASA, gunung ini terletak di wilayah vulkanik Tharsis dan ukurannya hampir sama dengan negara bagian AS, Arizona.

Gunung berapi perisai ini memiliki tinggi 25 kilometer, tiga kali lebih tinggi dari Everest yang merupakan gunung tertinggi di Bumi dengan ketinggian 8,9 kilometer.

Olympus Mons merupakan gunung berapi terbesar di Tata Surya.NASA/MOLA Science Team/ O. de Goursac, Adrian Lark Olympus Mons merupakan gunung berapi terbesar di Tata Surya.

Olympus Mons terbentuk setelah lava perlahan menuruni lereng. Ini sekaligus memungkinkan gunung mudah untuk di daki penjelajah di masa depan, karena rata-rata kemiringannya hanya 5 persen.

Puncak Olympus Mons memiliki kaldera sepanjang 85 kilometer, yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik.

2. Gunung berapi di wilayah Tharsis

Jika berkesempatan mendaki Olympus Mons, ada baiknya untuk melihat-lihat juga gunung berapi lain di wilayah Tharsis. Ada 12 gunung berapi raksasa di wilayah seluas kurang lebih 4 ribu kilometer tersebut.

Baca juga: Ada Lumpur di Mars, Mungkinkah Planet Merah Punya Air?

Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung jauh lebih besar daripada yang ada di Bumi, mungkin karena Mars memiliki tarikan gravitasi yang lebih lemah sehingga memungkinkan gunung berapi tumbuh lebih tinggi.

Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung jauh lebih besar daripada yang ada di Bumi.NASA/JPL Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung jauh lebih besar daripada yang ada di Bumi.

Gunung berapi perisai lain yang juga populer di wilayah Tharsis adalah Ascraeus Mons, Pavonis Mons, dan Arsia Mons. Ada juga gunung berapi perisai lainnya yakni Tharsis Tholus.

3. Valles Marineris

Mars tidak hanya menjadi tuan rumah gunung berapi terbesar di tata surya, tetapi juga ngarai terbesar. Ngarai atau Canyon adalah lembah (jurang) yang dalam dan luas di antara dua tebing yang curam.

Mars memiliki Ngarai Valles Marineris yang panjangnya sekitar 3.000 km. Itu hampir empat kali lebih panjang dari Grand Canyon di AS, yang memiliki panjang sekitar 800 kilometer.

Mars memiliki Ngarai Valles Marineris yang panjangnya sekitar 3.000 km. Itu hampir empat kali lebih panjang dari Grand Canyon di AS, yang memiliki panjang sekitar 800 kilometer.NASA Mars memiliki Ngarai Valles Marineris yang panjangnya sekitar 3.000 km. Itu hampir empat kali lebih panjang dari Grand Canyon di AS, yang memiliki panjang sekitar 800 kilometer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com