Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bayi Tak Perlu Mandi Setiap Hari, Apa Alasannya? Dokter Jelaskan

Apalagi, umumnya bayi juga tidak berkeringat atau terpapar debu dan polusi seperti orang dewasa.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah dr William Jayadi Iskandar, Sp.A menjelaskan, mandi merupakan kegiatan untuk membersihkan tubuh bayi yang tidak perlu dilakukan setiap hari, khususnya pada bayi baru lahir.

“Jika mandi setiap hari, kemungkinan justru dapat mengganggu mekanisme pertahanan kulit bayi, seperti kelembapan, kelenjar minyak, dan pori-pori,” ujar dr William.

Lebih lanjut ia mengatakan, area tubuh bayi yang perlu dibersihkan secara rutin adalah wajah, leher (terutama lipatan leher), tangan, dan bokong/kemaluan.

“Gunakan air hangat saat memandikan bayi dan hindari sabun antiseptik atau sabun yang beraroma, karena kandungan zat kimiawi dalam parfum atau antiseptik dapat mengiritasi kulit bayi,” jelasnya.

Sementara waktu terbaik untuk memandikan bayi adalah saat bayi bangun tidur dan hindari waktu sebelum atau sesudah makan.

“Pastikan ruangan hangat, air hangat untuk mandi, dan siapkan handuk serta baju bersih untuk dipakai setelah mandi,” pungkasnya.

Jika bayi memiliki kondisi kulit tertentu, konsultasikan pada dokter anak untuk mendapat perawatan yang tepat, termasuk mengatur rutinitas agar bayi tetap merasa nyaman.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/06/26/190500523/bayi-tak-perlu-mandi-setiap-hari-apa-alasannya-dokter-jelaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke