Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kanibal sampai Zombi, Berikut 8 Galaksi Aneh di Alam Semesta

KOMPAS.com - Ada 100 sampai 200 miliar galaksi di alam semesta. Dengan jumlah yang masif tersebut, beberapa galaksi terkenal unik. 

Ada yang kanibal alias memakan galaksi lainnya, ada juga yang berbentuk unik salah satunya ubur-ubur. Dikutip dari Space.com, berikut 8 galaksi unik di alam semesta.

Dan mereka bersama-sama membentuk spiral dengan pusat berbentuk bar yang berputar, serta mengambang seperti tentakel ubur-ubur.

Menurut NASA, galaksi ini terbentuk dari bintang-bintang di ekor debu dan gas yang tidak terlihat oleh mata telanjang yang mengalir dari ESO 137-001 sendiri.

Proses pembentukan galaksi ini memang sedikit misteri karena gas di ekor debu harus panas untuk pembentukan suatu bintang.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada 2017 menunjukkan bahwa galaksi ini entah bagaimana mengatur ulang strukturnya daripada mengubah bentuk seiring bertambah usia untuk bergabung dengan galaksi lain.

Dan dalam 4,5 miliar tahun lagi, diperkirakan galaksi ini akan bertabrakan dengan galaksi Bima Sakti. Akan tetapi belum dapat dipastikan siapa yang akan melahap siapa dalam tumpukan kosmik tersebut.

Sayangnya, penduduk bumi tidak akan menyaksikan bentrokan ini terjadi. Karena mustahil bumi tetap ada sekitar 1 miliar hingga 5 miliar tahun dari sekarang dengan kondisi matahari yang memanas.

Memang, galaksi sering berinteraksi satu dengan yang lain dan membuat tetangga mereka berubah menjadi bentuk baru, mencuri bintang, dan melanjutkan "kejahatan" lainnya.

Para peneliti menemukan bahwa bentuk ini ada karena gas dari IC 2163 berlomba menuju pusat galaksi dengan kecepatan 62 mil/detik (100 km/detik) sebelum saling menabrak dan melambat.

Dan menurut astronom Michele Kaufman, bentuk ini hanya akan bertahan dalam beberapa puluh juta tahun.

Kedua lubang hitam ini sendiri terpisah satu tahun cahaya dan sepertinya, galaksi yang berjarak 400 juta mil dari bumi ini mengumpulkan lubang hitam cadangan dan kemudian merger dengan galaksi lain.

Satu-satunya galaksi lain yang memiliki dua lubang hitam di pusatnya adalah galaksi supermasif yang disebut 0402 + 379.

Pergerakan galaksi ini condong ke ujung biru spektrum cahaya. Dan objek yang bergerak menjauhi bumi mengalami pergeseran merah, yang berarti emisi cahayanya ditimbang menuju merah.

Messier 90 sendiri merupakan bagian dari kelompok galaksi yang disebut Virgo Cluster. Galaksi ini dapat dilihat dari belahan bumi utara pada bulan Mei dengan teleskop atau teropong.

Dan menurut NASA, galaksi ini berada diantara rasi bintang virgo dan leo.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2019, para astronom melaporkan bahwa empat galaksi kecil dan dua galaksi besar (dikenal sebagai Corina dan Fornax) digunakan untuk mengorbit Awan Magellan Besar yang berjarak 163.000 tahun cahaya dari galaksi ini.

Sekarang, keenam galaksi ini sepenuhnya dimiliki oleh Bima Sakti.

https://www.kompas.com/sains/read/2019/10/22/190600723/kanibal-sampai-zombi-berikut-8-galaksi-aneh-di-alam-semesta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke