Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Tahun Beroperasi, MRT Jakarta Digunakan 102 Juta Orang

Kompas.com - 25/03/2024, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Sejak pertama kali beroperasi melayani masyarakat pada 24 Maret 2019, MRT Jakarta telah mengangkut tidak kurang dari 102.067.777 orang (per 13 Maret 2024). Ketepatan waktu tempuh, tunggu, dan kedatangan konsisten 99,9 persen.

Rata-rata pengguna jasa per hari terus meningkat dari tahun ke tahun. Dimulai dengan 86.000 orang per hari pada tahun pertama operasinya hingga 2023 mencapai 91.000 orang per hari.

Saat hari kerja Senin-Jumat, rata-rata harian telah mencapai 119.000 orang per hari. Angka ini menunjukkan bahwa MRT Jakarta telah digunakan sebagai salah satu moda transportasi pilihan ke tempat kerja.

Sejak awal operasinya pula, angka Indeks Kepuasan Pelanggan terus meningkat. Pada tahun 2023, telah mencapai 88,51 melampaui target 85.

Baca juga: Menhub Tawari Singapura Bangun TOD MRT Jakarta

Indeks ini diukur dari keseluruhan pengalaman perjalanan pelanggan dalam ekosistem MRT Jakarta, mulai dari pre-journey, on board, hingga post journey.

"Secara konsisten, PT MRT Jakarta (Perseroda) terus meningkatkan service excellence, on time performance, dan menerapkan berbagai program pull ridership untuk menciptakan keunggulan kompetitif berkelanjutan dan memberikan layanan bernilai tambah bagi pelanggan," ujar Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Mega Tarigan, dikutip dari laman resmi, Senin (25/03/2024).

Pull Program merupakan strategi yang digunakan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk menaikkan angka keterangkutan yang tidak hanya berfokus kepada layanan di dalam stasiun, melainkan di luar stasiun.

Seperti layanan pengumpan (feeder) menuju stasiun MRT Jakarta terdekat yang memudahkan first and last mile penumpang, gaya hidup dan pelanggan setia (poin), event di sekitar stasiun, hingga promo pembayaran tiket.

"Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan apresiasi sebesar-sebarnya kepada masyarakat dan pemerintah serta semua pihak atas dukungan dan kepercayaannya kepada kami hingga dalam waktu singkat ini, MRT Jakarta telah menjadi operator berkelas internasional yang diakui oleh industri metro di dunia," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com