Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2023, Jumlah Penumpang MRT Jakarta Meningkat 14 Juta Orang

Kompas.com - 05/01/2024, 11:04 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatat sebanyak 33.496.540 orang menggunakan layanan MRT Jakarta sepanjang tahun 2023.

Dikutip dari laman resmi pada Jumat (05/01/2024), jumlah tersebut menunjukkan bahwa sekitar lebih dari 91.000 orang menggunakan MRT Jakarta setiap harinya.

Sementara untuk ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun mencapai 99,94 persen.

Ada pun jumlah penumpang MRT Jakarta pada tahun 2023 menunjukkan kenaikan sekitar 14 juta penumpang jika dibandingkan tahun 2022 yaitu sekitar 19,7 juta orang.

 

Pada tahun 2023, angka keterangkutan bulanan tertinggi terjadi bulan November, yaitu lebih dari 3,1 juta orang.

Rata-rata harian tertinggi juga terjadi pada bulan yang sama, yaitu 105.000 orang per hari.

Baca juga: Jepang Berkomitmen Lanjutkan Pembangunan MRT Jakarta Koridor Timur-Barat

Bahkan, jumlah pengguna jasa terbanyak dalam satu hari juga terjadi pada November dengan 162.000 orang, yang juga menjadi jumlah terbanyak dalam satu hari sejak MRT Jakarta beroperasi pada Maret 2019 silam.

Untuk menaikkan angka keterangkutan, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata.

Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan.

Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, melainkan juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing).

Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 22 persen angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta.

Kemudian dari segi inovasi mengikuti tren digital masyarakat, pengguna jasa dapat menggunakan aplikasi MRT Jakarta di ponsel pintar untuk membeli tiket perjalanan, menggunakan poin penggunaan untuk ditukar dengan berbagai promo, bahkan menonton film dan bermain gim ponsel.

Seluruh fitur gaya hidup ini bertujuan untuk memberikan pengalaman penuh kepada pelanggan saat menggunakan layanan MRT Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com