Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Jakarta Gandeng PGN, Jajaki Potensi Bisnis Gas Bumi di Kawasan TOD

Kompas.com - 21/02/2024, 10:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyepakati penjajakan awal potensi kerja sama bisnis gas bumi pada kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD) di wilayah DKI Jakarta.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda), Farchad Mahfud dan Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PT Perusahaan Gas Negara Tbk, Rosa Permata Sari pada Selasa (20/02/2024).

Farchad mengapresiasi atas upaya bersama untuk mewujudkan kota berkelanjutan melalui transisi energi dalam sektor transportasi publik dan pembangunan kawasan di sekitar stasiun MRT Jakarta.

"Melalui kerja sama ini, kita akan mengkaji potensi penyediaan gas bumi seperti gas pipa, compressed natural gas, dan liquefied natural gas untuk memenuhi kebutuhan gas bumi rumah tangga dan komersial di dalam kawasan berorientasi transit di sekitar stasiun," jelasnya dikutip dari laman resmi MRT Jakarta.

Baca juga: Menhub Tawari Singapura Bangun TOD MRT Jakarta

Selain itu, kerja sama lainnya terkait fasilitas gas bumi seperti operasional dan pemeliharaan, pipa distribusi, servis, instalasi, hingga peralatan pelanggan gas bumi dapat menjadi potensi bisnis berkelanjutan yang dikembangkan bersama antara kedua belah pihak.

Senada dengan Farchad, Rosa menyampaikan bahwa kerja sama ini adalah bentuk partisipasi aktif bersama menuju transisi energi dan low carbon business.

"Selanjutnya, kita bisa menjajaki potensi bisnis lainnya seperti facility management hingga ekspansi jaringan gas bumi baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun komersial," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com