Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Dibangun, Rusun Polwan di Papua Dilengkapi Furnitur

Kompas.com - 15/03/2024, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan memulai pembangunan rumah susun (rusun) untuk Kepolisian Daerah (Polda) Papua di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Rusun yang akan diperuntukkan bagi polisi wanita (Polwan) di Markas Komando Polda Papua itu dibangun dengan tipe Wisma Arunika setinggi tiga lantai dengan 44 unit hunian yang mampu menampung 176 orang.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan hal ini dilansir dsri rilis, Jumat (15/3/2024).

Baca juga: 3 Rusun Dibangun di DOB Papua Barat Daya, Mulai dari ASN-TNI AL

“Hari ini, Jumat, 15 Maret 2024 kita akan mulai pembangunan Rusun Polda Papua di Kota Jayapura. Kami berharap, pembangunan Rusun ini bisa berjalan dengan lancar dan selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan," ucapnya.

Menurut Iwan, pembangunan rusun ini merupakan bentuk sinergitas Kementerian PUPR dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk menyediakan hunian layak, nyaman, dan terjangkau bagi anggota Polri yang bertugas di Polda Papua.

Selain itu, dengan adanya Rusun ini diharapkan juga menjadi fasilitas hunian yang layak sebagai sarana pembinaan keluarga dan menunjang tugas anggota Polri di Papua.

Pembangunan infrastruktur perumahan di Papua ini juga menunjukkan pemerintah terus berupaya melaksanakan pemetaan pembangunan, khususnya di wilayah Indonesia timur.

"Kami juga akan melengkapi Rusun ini dengan meubelair dan berharap Polda Papua juga bisa membentuk pengelola dan menetapkan tata tertib bagi penghuni serta merawat aset yang dibangun ini," tambah Iwan.

Rusun tersebut dibangun di atas lahan seluas 2.610 meter persegi, sedangkan luas bangunan adalah 2.892,1 meter persegi.

Kementerian PUPR juga telah melengkapi unit Rusun dengan sejumlah meubelair seperti masing-masing 44 unit tempat tidur susun, tempat tidur utama, lemari dua pintu, lemari satu pintu, meja tamu, sofa dua seater, meja makan, serta 132 unit kursi makan.

Rusun Polda Papua ini memiliki daya tampung 176 orang dan sudah kami lengkapi dengan meubelair sehingga nanti penghuni tinggal masuk membawa pakaian dan peralatan rumah tangga secukupnya.

"Kami juga berharap dukungan Polda Papua dalam proses serah terima aset dan penghunian Rusun," tuntas Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Papua I Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Aleksander Simon Lopulalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com