Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Tahun Ini Bisa Lewat Tol Bocimi sampai Sukabumi Barat

Kompas.com - 14/03/2024, 06:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 kilometer akan dioperasikan secara fungsional pada masa mudik Lebaran 2024.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

"Bocimi nanti sudah bisa sampai ke Sukabumi Barat tambahannya," ujar Basuki.

Sementara saat ini, ruas Tol Bocimi yang sudah dioperasikan adalah Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer dan Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer.

Oleh karena itu, masyarakat dari arah Jakarta yang hendak mudik ke Sukabumi bisa lebih hemat waktu perjalanan lewat adanya jalan tol ini.

Selain Tol Bocimi, juga akan dioperasikan secara fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta yang sudah tembus hingga Kartasura-Gondang sepanjang 42 kilometer.

Baca juga: Sejarah Proyek Tol Dalkot Bandung, Sempat Dilirik JICA dan Jadi PSN

"Yang kemarin kan baru 13 kilometer pada saat Nataru, nah ini akan bisa sampai ke Gondang," lanjut Basuki.

Menurut dia, dioperasikannya ruas Kartasura-Gondang tersebut mampu melewati paling sedikit 38 lampu merah di jalan nasional.

"Bayangkan kalau satu lampu merah 3 menit, 38 itu sudah 108 menit, berarti sudah sampai dua jam berhenti di lampu merah. Nah, kalau ini dari Kartasura sampai ke Gondang mungkin sudah bisa lebih cepat," tuntas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com