Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMI Masuk, Seksi 3 Tol Bocimi Dipastikan Berlanjut

Kompas.com - 03/02/2024, 07:12 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer mendapat kepastian untuk dilanjutkan dengan masuknya PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI.

"Intinya kan sudah ada kepastian untuk keberlanjutan programnya ke Seksi 3, itu aja yang penting kan, dengan adanya SMI di situ," kata Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Atmawidjaja saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Terlebih, konsorsium SMI yang mengakuisisi saham PT Waskita Toll Road (WTR) di PT Trans Jabar Tol (TJT) juga terdiri dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Ada BRI di situ, kan kuat itu konsorsiumnya kan dari BRI," lanjut Endra.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian juga mengungkapkan hal yang sama.

"Sudah sepakat Seksi 3 akan dilanjutkan dengan masuknya SMI," ucap Hedy.

Baca juga: Akuisisi Milik WTR, SMI Kini Punya 25 Persen Saham Jalan Tol Bocimi

Namun demikian, Hedy tidak menyebutkan berapa nilai akuisisi saham yang dilakukan SMI atas WTR.

Sebagai informasi, SMI secara resmi telah mengakuisisi 25 persen saham WTR. Sedangkan PT TJT sendiri merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemegang konsesi Tol Bocimi.

Hal itu ditandai dengan telah berlangsungnya penandatanganan Sales and Purchase Agreement (SPA) pada Kamis (25/1/2024) oleh Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI Sylvi J. Gani dan President Director PT WTR Daniel Fitzgerald Liman.

Dengan masuknya PT SMI sebagai pemegang saham, maka PT TJT kini dimiliki oleh PT WTR sebanyak 74,99 persen, PT SMI 25 persen, dan Koperasi Waskita 0,01 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com