Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaiki Jalan Grobogan 1,8 Kilometer, Joko Jadi Tokoh Inspiratif

Kompas.com - 05/02/2024, 21:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) Joko Suranto terpilih menjadi salah satu dari 18 tokoh inspiratif yang masuk ke dalam buku “The Indonesian Next Leader”.

Untuk kategori pengusaha, selain Joko Suranto, tiga tokoh pengusaha nasional lain yang masuk dalam buku The Indonesian Next Leader adalah Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani, Dirut PT Martina Berto Tbk Bryan David Emil Tilaar dan Transformation and Services Director PT Panasonic Gobel Indonesia Intan Abdams Katoppo.

CEO Solutee.id Arief H. Thamrin selaku pemegang hak cipta buku ini menjelaskan, banyak aspek kepemimpinan yang dapat diambil hikmahnya seperti kisah sukses, teladan, dan pengalaman terbaik dari para tokoh inspiratif tersebut.

“Seperti tentang gaya dan seni kepemimpinan mereka, filosofi dan kebijaksanaan hidup, manajemen kepemimpinan, serta kontribusi nyata mereka bagi masyarakat di sekitarnya,” sebutnya dalam rilis Senin (5/1/2024).

Baca juga: GPA Kembali Digelar, 3 Tokoh Raih Penghargaan Individu Bergengsi

Pendiri PT Metamind Tata Cendekia sekaligus panelis buku The Indonesian Next Leader Mariani Ng menuturkan, keberhasilan Joko Suranto tidak terlepas dari kontribusinya untuk masyarakat.

Salah satunya saat dia membiayai sendiri perbaikan jalan sepanjang 1,8 kilometer di desa kelahirannya di Jetis, Grobogan, Jawa Tengah, hingga Rp 2,8 miliar.

Selain mempertimbangkan pula kontribusi pemikirannya bagi negara, terutama di sektor perumahan dan properti.

“Terus terang, kabar ini menjadi kejutan untuk saya, karena ada pihak yang secara diam-diam menilai rekam jejak saya. Meski saya tidak berharap (untuk dinilai) tetapi ini adalah sebuah bentuk penghargaan dan menjadi motivasi untuk saya terus berbuat kebaikan,” ujar Founder & CEO Buana Kassiti Group tersebut.

Joko Suranto lahir 20 Januari 1969 di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Baca juga: Taman Makam Tokoh Bangsa Karet Bivak Diresmikan, Ini Fasilitasnya

Memulai terjun di bisnis properti sejak 2004 dari sebuah proyek perumahan bersubsidi di Tasikmalaya (Jawa Barat), saat ini di bawah bendera Buana Kassiti Group dia telah mengembangkan sebanyak 38 proyek properti.

Sarjana hukum dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan magister hukum bisnis dari Universitas Parahyangan Bandung itu saat ini juga menjadi pembina bagi 363 pesantren dan sudah membangun puluhan mesjid di Jawa Barat.

Sebelumnya, Joko terpilih di antara 14 tokoh Jawa Tengah yang dianugerahi penghargaan Tokoh Inspiratif Jawa Tengah 2022 yang digelar di Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jateng, pada akhir tahun 2022 lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com