Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol di Luar Jawa Sumbang 10 Persen Pendapatan Jasa Marga

Kompas.com - 04/12/2023, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaporkan, kinerja jalan tol yang dikelola oleh Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan perusahaan.

Hal ini disampaikan oleh Corporate Finance and Investor Relations Senior Group Head Jasa Marga Haning Pangastuty dalam konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Senin (4/1/2023).

"Justru kita sebenarnya terkait dengan Regional Nusantara ini surprise ya karena ternyata kontribusinya setiap tahunnya berangsur membaik," ucap Haning.

Terhitung hingga September 2023, kinerja jalan tol kelolaan Jasamarga Nusantara Tollroad memberikan kontribusi lebih dari 10 persen terhadap pendapatan Jasa Marga secara keseluruhan.

"Sampai dengan performance September ini, secara overall mungkin nanti tergambar juga, kita up to 10 persen dari total revenue kita, jadi Alhamdulillah semakin membaik," imbuh Haning.

Sebagai informasi, Jasamarga Nusantara Tollroad mengelola jaringan jalan tol yang berada di Provinsi Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Bali.

Baca juga: Jasa Marga: Tak Ada Rencana Diskon Tarif Tol saat Libur Natal-Tahun Baru

Jalan tol yang dimaksud, antara lain Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Tol Manado-Bitung, dan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa.

Di sisi lain, Pendapatan Usaha Jasa Marga menyentuh angka Rp 11 triliun pada kuartal III-2023 atau tumbuh 7,7 persen.

Ini merupakan kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol sebesar Rp 9,8 triliun yang meningkat 5,1 persen dari kuartal III-2022, serta kontribusi kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp 1,2 triliun atau naik 34,8 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com