Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kata Jasa Marga Soal Diskon Tarif Tol saat Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 17/11/2023, 21:03 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan diskon tarif tol pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bakal dikaji oleh pemerintah.

Juru bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Atmawidjaja mengatakan, diskon tarif tol dinilai mampu menyebar kepadatan lalu lintas, khususnya pada momentum libur nasional.

"Kalau diskon tarif tol kan dipakai untuk men-spread traffic ya supaya dia bagian dari traffic management. Kalau untuk Lebaran kan bagus, sekarang kita harus trial lagi nanti," ujar Endra, Selasa (14/11/2023).

Menanggapi hal ini, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, keputusan diskon tarif tol merupakan kewenangan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Namun demikian, dirinya berpendapat, penerapan diskon tarif tol pada masa arus mudik dilakukan untuk mendistribusikan lalu lintas.

"Balik lagi apa yang telah terjadi pada Lebaran. Pada Lebaran, diskon itu dilakukan untuk pendistribusian lalu lintas. Kita lihat evaluasinya, mana titik-titik yang rasanya akan menjadi puncak, bahkan mungkin dengan rekayasa lalu lintas sekalipun tidak menampung," kata Lisye dalam media gathering, Kamis (16/11/2023).

Menurutnya, pengalaman tersebut bisa menjadi salah satu strategi penerapan diskon tarif tol pada masa libur Natal dan Tahun Baru ini.

Baca juga: Singing Road Pertama Indonesia Ada di Tol Trans-Jawa

Berdasarkan informasi dari rapat dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), arus kendaraan pada libur akhir tahun kali ini akan mirip seperti mudik Lebaran 2023.

"Walau secara total pergerakan tidak sehebat Lebaran, tapi pergerakan tahun ini akan lebih tinggi dibanding pergerakan Natal dan Tahun Baru tahun lalu," jelasnya.

Karenanya, Jasa Marga bersama para pemangku kepentingan akan melakukan sejumlah rencana operasi untuk mengantisipasi kepadatan tersebut.

Jika pada arus mudik Lebaran mayoritas kendaraan bergerak keluar Jakarta ke arah Timur, Tol Trans-Jawa, Bogor, dan Pelabuhan Merak, pada libur akhir tahun ini Jasa Marga turut mengantisipasi kepadatan di lokasi wisata.

"Jadi pasti di titik-titik yang diperkirakan akan ada lonjakan lalu lintas itu kami upayakan. Pakem-pakemnya sama, kita ada standar," tandas Lisye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com