Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Tol Probolinggo-Banyuwangi, Jasa Marga Dapat Kredit Sindikasi Rp 7,3 Triliun

Kompas.com - 22/11/2023, 08:57 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk membangun Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) yang merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh fasilitas kredit sindikasi dari beberapa lembaga keuangan.

Kredit sindikasi tercatat didapatkan dari beberapa bank dan Lembaga Pembiayaan Infrastruktur senilai Rp7.396.073.000.000 atau Rp 7,3 triliun dengan tenor 15 tahun.

Dana tersebut akan digunakan nantinya untuk pembangunan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Segmen Gending-Besuki sepanjang 49,68 Km.

Baca juga: Hingga Oktober 2023, Ini Daftar Ruas Jalan Tol yang Telah Beroperasi

Adapun untuk Tahap I jalan tol tersebut terdiri dari Paket 1 Gending sampai dengan Kraksaan (12,88 Km), Paket 2 Kraksaan sampai ke Paiton (11,20 Km) dan Paket 3 Paiton sampai ke Besuki (25,60 Km).

Perjanjian Kredit Sindikasi ini ditandatangani di Jakarta pada Selasa (21/11/2023) oleh Direktur Utama PT JPB Adi Prasetyanto dengan para kreditur sindikasi 6 Perbankan yaitu BNI, BCA dan Bank Mandiri yang bertindak sebagai Joint Mandated Lead Arrangers & Bookrunners (JMLAB) dan anggota sindikasi Bank Jatim, BPD Bali, BPD Papua serta 1 lembaga pembiayaan infrastruktur PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Turut hadir dalam acara ini Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian, Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Unsur Pemangku Kepentingan Sony Sulaksono Wibowo.

Kemudian, Koordinator pada Keasdepan Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Muhammad Yusuf, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga, M. Agus Setiawan dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga, Pramitha Wulanjani.

Hadir pula perwakilan Direksi pemegang saham PT JPB lainnya yaitu PT Brantas Abipraya (Persero) dan PT Waskita Toll Road serta perwakilan pimpinan perbankan anggota sindikasi serta jajaran Direksi PT JPB.

Baca juga: Ini 3 Proyek Jalan Tol yang Masih On Going

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian dalam sambutannya menyampaikan terima kasih bagi para sindikasi perbankan serta mengucapkan selamat kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT JPB atas terlaksananya penandatanganan perjanjian kredit dalam rangka financial close.

Menurutnya, acara ini merupakan bukti nyata komitmen bersama untuk memajukan sektor infrastruktur dan memperkuat konektivitas di seluruh negeri.

“Dengan adanya penandatangan kredit sindikasi hari ini, semoga dapat mendukung proses pembebasan lahan dan tahapan konstruksi yang tengah dikerjakan sesuai dengan target, sehingga masyarakat dapat segera menikmati manfaat Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi,” ujar Hedy.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan dalam sambutannya menjelaskan Jasa Marga bersama-sama dengan PT Brantas Abipraya dan PT Waskita Toll Road selaku Para Pemegang Saham PT JPB berharap proyek ini dapat selesai dengan lancar.

Penyelesaian proyek baik dari sisi pembebasan lahan diharapkan dapat dikawal dengan baik sampai akhir.

“Semoga kegiatan konstruksi dapat selesai secara tepat waktu, tepat mutu, dan tepat biaya sesuai dengan rencana serta senantiasa menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG),” terang Agus.

Seluruh target ini, lanjut Agus, tidak lepas dari dukungan perbankan dan lembaga keuangan untuk mewujudkan konektivitas Jalan Tol Trans Jawa di sisi timur Pulau Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com