Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I-2023, Laba Bersih Jasa Marga Naik hingga 56 Persen

Kompas.com - 27/11/2023, 19:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berhasil mempertahankan kinerja positif sepanjang Semester I tahun 2023.

Dalam periode tersebut, Perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 1,15 triliun atau meningkat 56,3 persen jika dibandingkan dengan semester I tahun lalu.

Investor Relations Department Head Jasa Marga, Milka Theodora menjelaskan peningkatan kinerja positif Perseroan juga tercermin dari pencapaian pendapatan usaha sebesar Rp 6,98 triliun.

“Jumlah tersebut berhasil tumbuh 4,9 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya,” ujar Milka Dalam Public Expose LIVE 2023 yang diselenggarakan PT Bursa Efek Indonesia, Senin (27/11/2023).

Baca juga: Ini Kata Jasa Marga Soal Diskon Tarif Tol saat Libur Akhir Tahun

Menurutnya, Jasa Marga dapat meningkatkan pendapatan usaha di luar konstruksi, pertumbuhan laba, dan menjaga kinerja rasio keuangan semakin baik pada semester 1 Tahun 2023.

Hal ini bisa diwujudkan seiring dengan peningkatan volume lalu lintas dan dampak dari arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri di bulan April 2023.

Dikatakan, pertumbuhan kinerja Jasa Marga tahun 2023 secara Year on Year (YoY) juga dipengaruhi oleh dekonsolidasi Jalan Layang MBZ sebagai konsekuensi divestasi pada ruas tersebut pada Oktober 2022.

“Dari sisi pendapatan usaha di luar konstruksi apabila dilakukan perhitungan pertumbuhan pendapatan menggunakan asumsi yang sama tanpa adanya pendapatan tol Jalan Layang MBZ, pertumbuhan pendapatan usaha mencapai 12 persen secara YoY” ujar Milka.

Baca juga: Rencana Uji Coba MLFF di Jalan Tol, Lokasi, Waktu, hingga Mekanismenya

Ia menerangkan, hingga saat ini, Jasa Marga masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dalam negeri.

Tercatat Jasa Marga memiliki tol beroperasi dengan total panjang 1.260 Km, di mana merepresentasikan 48 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia.

“Pada awal tahun 2023, Jasa Marga memperoleh konsesi jalan tol baru yakni ruas jalan tol Akses Patimban yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP). Dengan begitu, total panjang jalan tol konsesi Perseroan yakni 1.736 km, di mana 1.260 km di antaranya telah beroperasi” paparnya.

Pada tahun 2023 ini, Jasa Marga menargetkan untuk mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 sepanjang 3,64 km pada akhir tahun 2023.

Beroperasinya jalan tol tersebut diharapkan akan mendorong konektivitas khususnya di wilayah Jabodetabek yang akan menghubungkan jaringan jalan tol JORR 2.

Perseroan juga tengah fokus terhadap progres dari lima proyek jalan tol yang tengah berjalan yaitu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta NYIA Kulonprogo, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

“Dengan semakin banyaknya proyek jalan tol baru yang selesai dan mulai dioperasikan, rasio keuangan Jasa Marga pada Semester I-2023 lebih baik dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan Perseroan selalu memperhatikan keberlanjutan bisnis dan menyeimbangkan antara pencapaian kinerja dengan ekspansi usaha," tambah Milka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com