Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Tergoyahkan, Jasa Marga Masih Jadi Penguasa Jalan Tol di Indonesia

Kompas.com - 28/11/2023, 08:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai pengujung tahun 2023, PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih berada pada posisi teratas sebagai pemilik jalan tol terbanyak di Indonesia.

Investor Relations Department Head Jasa Marga Milka Theodora menjelaskan, Jasa Marga menguasai 48 persen dari total jalan tol yang sudah beroperasi.

“Perseroan masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang beroperasi sepanjang 1.260 km. Ini merepresentasikan 48 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia,” ungkap Milka dalam Public Expose LIVE 2023 yang diselenggarakan PT Bursa Efek Indonesia, Senin (27/11/2023).

Dikatakan, pada awal tahun 2023, Jasa Marga memperoleh konsesi jalan tol baru yakni ruas jalan tol Akses Patimban sepanjang 37,05 km yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP).

Baca juga: Dirut Jasa Marga Blak-blakan Soal Susahnya Bangun Tol di Indonesia

Karena itu, sampai dengan saat ini, total panjang jalan tol konsesi Perseroan yakni sepanjang 1.736 km, dengan 1.260 km di antaranya telah beroperasi.

Milka menyebutkan, saat ini Jasa Marga sedang memfokuskan diri untuk penyelesain lima proyek jalan tol yang berada di berbagai lokasi.

 

Kelima proyek tol tersebut yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta NYIA Kulonprogo, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

“Semakin banyaknya proyek jalan tol baru yang telah selesai dan mulai dioperasikan, rasio keuangan Jasa Marga pada Semester I 2023 lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Ini menunjukkan Perseroan selalu memperhatikan keberlanjutan bisnisnya dan menyeimbangkan antara pencapaian kinerja dengan
ekspansi usaha,” tambahnya.

Baca juga: Sederet Teknologi di Jalan Tol Hutama Karya, Ada WTP hingga Smart Lamp

Peningkatan kualitas layanan

Komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan operasional juga terus dilanjutkan oleh Perusahaan melalui pengembangan Intelligent Transport System (ITS).

ITS berfungsi mengelola pelayanan lalu lintas jalan tol yang terintegrasi, sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas melalui super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) yang dapat diakses oleh pengguna jalan melalui aplikasi Travoy.

Kinerja lini bisnis operasi dan prospektif juga ditandai dengan pengoperasian jalan tol oleh PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) dengan total panjang kontrak jalan tol yang didapatkan sepanjang 1.508,08 km hingga akhir Oktober 2023.

Sementara itu, PT Jasa Marga Tollroad Maintenance (JMTM) juga tengah melakukan pemeliharaan jalan tol dengan total panjang kontrak jalan tol sepanjang 1.110,9 km hingga akhir Oktober 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com