Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2023, 16:22 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peletakan batu pertama atau  groundbreaking infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap tiga akan dilaksanakan pada Desember 2023.

"Nah kita sedang siapkan, targetkan pada bulan Desember itu adalah groundbreaking selanjutnya," kata Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN) Agung Wicaksono dalam media briefing secara daring, Senin (20/11/2023).

Jelasnya, ada tiga kategori infrastruktur garapan investor swasta yang dibangun pada groundbreaking tahap tiga ini dengan total nilai investasi adalah sekitar Rp 10 triliun.

Pertama adalah kategori area hijau sesuai dengan tujuan pembangunan IKN sebagai green forest city. Investor area hijau tersebut, yaitu Yayasan Arsari Djojohadikusumo (Pulau Suaka Orang Utan), Kebun Raya dan Reforestasi Hutan IKN, dan Green Movement Sabuk Hijau Nusantara (Crowdsourcing untuk Reforestasi).

Kedua adalah groundbreaking kawasan untuk bekerja, tinggal dan bermain, meliputi Jambuluwuk Hotel and Resorts, Indogrosir, The Pakubuwono Development, Balikpapan Super Block, BSH Group, dan Grand Lucky.

"Contohnya ada Indogrosir dan Grand Lucky, mereka bagian dari konsorsium yang membangun Hotel Nusantara. Jadi di dekat hotel tersebut akan ada penyediaan kebutuhan melalui supermarket dan juga toko grosir," imbuh Agung.

Baca juga: OIKN Kejar Investasi Rp 45 Triliun, Masuk hingga Akhir 2023

Kemudian kategori yang terakhir adalah kantor lembaga negara, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan BPJS Kesehatan.

Namun demikian, Agung menjelaskan bahwa daftar investor tersebut masih tentatif karena bergantung kepada jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini masih daftar tentatif, tergantung nanti jadwal Bapak Presiden dan kesediaan waktu Bapak Presiden kita bisa lakukan berapa banyak," tandas Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com