Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Piala Dunia U-17, Berikut Lapangan Pertandingan dan Latihan yang Kelar Direnovasi

Kompas.com - 06/11/2023, 10:09 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan renovasi lapangan pertandingan (stadion) dan lapangan latihan di Indonesia dalam rangka Piala Dunia U-17 Tahun 2023 pada November 2023.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menjelaskan, pekerjaan renovasi selesai pada 26 Oktober 2023 dan diserahkan kepada Panitia Pelaksana Lokal atau Local Organizing Committee (LOC) dan FIFA pada 27 Oktober 2023.

"Renovasi dilaksanakan berdasarkan dari hasil kunjungan FIFA dan Instruksi Presiden Nomor 04 Tahun 2023 tentang Dukungan Penyelenggaraan Federation Internationale De Football Association Under 17 World Cup Tahun 2023," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, pada Senin (06/11/2023).

Menurut dia, dari hasil kunjungan FIFA tersebut, terdapat beberapa usulan yang perlu ditindaklanjuti, antara lain renovasi lapangan latihan Klaster Jakarta yakni di GOR Soemantri Brodjonegoro dan Lapangan Banteng.

"Selanjutnya diperlukan renovasi lapangan pertandingan dan lapangan latihan Klaster Bandung yakni di Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Arcamanik, dan Lapangan ITB," katanya.

Baca juga: Renovasi Stadion Kanjuruhan Dimulai 2024, Termasuk Pembangunan Monumen

Selain itu, renovasi juga perlu dilakukan di lapangan pertandingan dan lapangan latihan Klaster Surakarta yakni di Stadion Manahan, Lapangan Blulukan dan Stadion Universitas 11 Maret, serta lapangan pertandingan Klaster Surabaya yakni Stadion Gelora Bung Tomo.

"Pekerjaan renovasi dimulai pada tanggal 15 September 2023 dan progres keseluruhan saat ini mencapai 100%," pungkas Diana.

Kementerian PUPR sebelumnya juga telah menyelesaikan renovasi 12 lapangan latihan di tiga provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dalam rangka persiapan rencana Piala Dunia U-20 Tahun 2023 yang batal digelar di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com