Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi Beres, Stadion Si Jalak Harupat Siap Sambut Piala Dunia U-17

Kompas.com - 12/07/2023, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan renovasi Stadion Si Jalak Harupat (SJH) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Stadion SJH merupakan salah satu dari sekian stadion yang disiapkan untuk menyambut Piala Dunia U-17 pada akhir tahun 2023.

Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti mengatakan, Stadion SJH berdiri di atas lahan seluas lahan 6,3 hektar dengan luas bangunan 28.177 meter persegi.

Stadion yang digarap oleh PT Nindya Karya dengan konsultan MK PT Virama Karya (Persero) ini memiliki kapasitas 27.166 single seat.

"Total anggarannya sebesar Rp 155,17 miliar. Dengan masa pelaksanaan renovasi sejak Januari 2023–Juni 2023 dan telah selesai seluruhnya 100 persen per 2 April 2023," tutur Diana dalam keterangan resmi.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa senang renovasi Stadion SJH telah selesai.

"Sebelumnya pernah dicek oleh FIFA untuk U-20, tetapi akan ada proses pengecekan ulang lagi dari FIFA untuk yang U-17," kata Presiden Jokowi saat melakukan Peninjauan Fasilitas Stadion dan Seleksi Timnas U-17, Rabu (12/7/2023).

Baca juga: Pengelola Sarhunta Borobudur Terlatih, Siap Sambut Piala Dunia U-17

Jelas Jokowi, bagian yang diperbaiki dari Stadion SJH adalah kursi penonton, rumput, lampu, toilet, tempat ganti pakaian, hingga akses keluar dan masuk stadion.

"Dan untuk U-20 kemarin, ini sudah layak untuk dipakai, tapi untuk U-17 masih ada proses lagi," tambah Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, sejumlah stadion lain yang telah direnovasi oleh Kementerian PUPR yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali beserta 4 lapangan latihan (I Gusti Ngurah Rai, Kompyang Sudjana, Gelora Samudra, dan Trisakti), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Sumatera Selatan dan 4 lapangan latihan (Bumi Sriwijaya dan Atletik, Baseball, Panahan, Jakabaring), Stadion Manahan di Jawa Tengah beserta 4 lapangan latihan (Sriwedari, Banyu Anyar, Sriwaru, dan Kota Barat).

Kemudian, Stadion Gelora Bung Tomo di Jawa Timur beserta 4 lapangan latihan (Gelora 10 Nopember, A GBT, C GBT, dan Lapangan Thor), serta Stadion SJH beserta 4 lapangan latihan (Gelora Bandung Lautan Api, IPDN, Jati Padjajaran, dan Sidolig).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com