Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2023, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengejar realisasi uji coba tol nirsentuh (MLFF).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR bersama PT PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sedang melakukan konsolidasi.

"Nanti Senin juga kita akan lanjutkan rapatnya. Kita akan lihat akhir tahun ini dari rapat itu apakah bisa uji coba atau tidak," ujar Hedy, Minggu (15/10/2023).

Lanjutnya, konsolidasi ini terkait sistem transaksi perjalanan pengguna jalan tol yang akan dimodifikasi dari tanpa gate menjadi menggunakan gate.

"Di sana kan ada transisi, jadi kita harus sepakati sistemnya, kamu seperti apa, kita pastikan itu secara teknis bekerja dengan baik," imbuh Hedy.

Adapun biaya transisi sistem tersebut sudah termasuk dalam biaya investasi yang digelontorkan oleh PT RITS.

Baca juga: Setelah 9 Tahun, Roatex Bakal Serahkan Sistem Bayar Tol Nirsentuh MLFF ke Indonesia

"Kita kan enggak ada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di sini, ini kan nanti akan business to business dengan BPJT, kita memfasilitasi jadi integrasinya keseluruhan antara stakeholder ini kita memfasilitasi," kata Hedy.

Sebagai informasi, awalnya, skema MLFF direncanakan bakal mulai diterapkan di Jalan Tol Bali-Mandara pada 1 Juni 2023.

Pemerintah Hungaria menginvestasikan dana senilai 300 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 4,4 triliun untuk proyek MLFF di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com