Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Mulusnya Jalur Pansela Jabar Menuju Pangandaran

Kompas.com - 13/04/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Perjalanan Merapah Trans-Jawa 2023 hari kedua pada Rabu (12/4/2023) dimulai dari penginapan di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) dengan waktu keberangkatan sekitar pukul 07.00 WIB.

Destinasi selanjutnya adalah Pangandaran yang masih berada di Jabar, melalui Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Waktu tempuh dari Palabuhanratu menuju Pangandaran adalah lebih kurang 9 jam.

Sebelum masuk ke jalan nasional Pansela Jawa, Tim Merapah Kompas.com harus melewati jalan daerah yang rusak, tepatnya berada di Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Sukabumi.

Jalan daerah yang rusak di Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.KOMPAS.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Jalan daerah yang rusak di Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.
Padahal, jalan tersebut merupakan salah satu jalur menuju Pantai Ujung Genteng yang terbilang cukup terkenal di Sukabumi.

Setelah itu, Tim Merapah Kompas.com masuk ke Jalur Pansela Jawa. Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jabar Wilan Oktavian menyatakan jalur mudik alternatif ini aman dilalui.

"Secara umum aman. Memang kalau sekarang masih ada beberapa lubang karena cuacanya yang belum bersahabat," jelas Wilan saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sementara berdasarkan liputan langsung Kompas.com, Jalur Pansela Jabar terpantau mulus dan nyaman dilalui meskipun terdapat beberapa bagian jalan yang nampak baru selesai ditambal atau lebar jalan yang tidak begitu besar.

Perjalanan terasa lebih melelahkan karena jalur cukup berkelok-kelok dan pengguna jalan cenderung melaju dengan kecepatan sedang hingga tinggi.

Baca juga: Merapah Pansela Jawa 2023 Dimulai, Tol Bocimi Jadi Pelintasan Pertama

Masuk ke daerah Talagasari, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Tim Merapah Kompas.com menemukan beberapa lokasi jalan nasional yang tengah dirawat dengan melakukan pemotongan rumput di bahu jalan.

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi dengan kondisi lingkungan yang beraneka ragam, mulai dari kawasan permukiman, perbukitan hingga pemandangan laut di sisi kanan jalan.

Juga ditemukan beberapa kambing dan sapi milik warga yang tengah mencari makan di sekitar kawasan rerumputan.

Pengguna jalan diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam berkendara ketika hujan atau malam hari karena minimnya penerangan.

Setelah melakukan perjalanan selama 16 jam, termasuk kegiatan peliputan, istirahat dan buka puasa, Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com tiba di Pangandaran pukul 23.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com