Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren! Amsterdam Punya Tempat Parkir Sepeda Baru di Bawah Air

Kompas.com - 26/02/2023, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Amsterdam di Belanda telah menyelesaikan pembangunan fasilitas parkir sepeda baru di area Stasiun Pusat Amsterdam.

Tempat parkir sepeda yang dimaksud terdiri dari Stationsplein dan IJboulevard. Dibangun di bawah permukaan tanah dan air sungai.

Mengutip dari laman resmi Pemerintah Kota Amsterdam, Stationsplein yang berada di bagian depan stasiun telah dibuka pada 28 Januari 2023 lalu. Fasilitas itu bisa menampung 7.000 sepeda.

Sementara IJboulevard dibuka pada 22 Februari 2023. Fasilitas parkir bawah tanah terletak di dalam air di belakang stasiun dan memiliki ruang untuk 4.000 sepeda.

Baca juga: Ternyata IKN Bakal Punya Empat Jenis Jalur Sepeda, Ini Daftarnya

Dengan demikian, Amsterdam memiliki sekitar 11.000 tempat parkir sepeda baru.

Uniknya, tempat parkir sepeda itu berada di bawah tanah dan air sungai di sekitar stasiun. Namun tidak disebutkan berapa kedalamannya.

Fasilitas parkir baru untuk sepeda di Amsterdam.Pemerintah Kota Amsterdam. Fasilitas parkir baru untuk sepeda di Amsterdam.
Adapun tujuan pembangunan fasilitas di bawah tanah dan air itu agar tempat penyimpanan sepeda yang berada di jalan raya akan hilang.

Sehingga tanpa rak sepeda, jalanan lebih mudah dibersihkan, tertata rapi, dan aman.

Selain itu, tempat sepeda di bawah tanah dan air itu bisa memberi pejalan kaki lebih banyak ruang di sekitar Stasiun Pusat Amsterdam.

Pembukaan fasilitas parkir baru ini juga menandai dimulainya era baru, di mana Stasiun Pusat Amsterdam akan terlihat seperti sekitar tahun 1900 silam.

Masyarakat dapat mengakses jalanan di sekitar stasiun dengan nyaman tanpa mobil dan sepeda yang terparkir di mana-mana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com