Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI Lampung Gelar Sertifikasi Kompetensi Pengembang, Diikuti 81 Peserta

Kompas.com - 10/02/2023, 14:07 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI) Lampung menggelar uji sertifikasi kompetensi untuk sumber daya manusia (SDM) perusahaan pengembang perumahan.

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (10/2/2023), sertifikasi kompetensi yang difasilitasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) REI ini bertujuan meningkatkan kompetensi SDM perusahaan anggota REI.

"Kami berharap sertifikasi kompetensi dapat menjadi rujukan segenap stakeholder bidang perumahan dalam pemberian pelayanan terhadap pelaku usaha perumahan," kata Ketua Dewan Pengurus Daerah REI (DPD REI) Lampung Djoko Handoko Halim Santoso.

Pengembang yang sudah memiliki SDM bersertifikasi akan mendapat perlakuan khusus saat mengajukan permohonan kredit di perbankan atau saat mengajukan perizinan.

"Kami juga berharap, pemerintah daerah memberikan kemudahan bagi pengembang yang memiliki SDM bersertifikat dalam penerbitan perizinan di daerah," imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung Bambang Hermanto mengungkapkan, pengadaan perumahan bukan perkara sepele karena melibatkan banyak pengampu kepentingan.

Untuk itu, pelaku pembangunan harus berbekal standar pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

"Dengan standardisasi kompetensi ini, minimal kompetensi teknis terkait sektor perumahan, sudah digaransi oleh LSP REI maupun Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)," kata Bambang.

Kegiatan sertifikasi kompetensi oleh LSP REI diharapkan bisa menjadi program nasional yang dapat menjangkau pengembang di seluruh daerah.

Baca juga: Pengembang Kota Mandiri Bekala: Pasar Properti Berangsur Membaik

Melalui proses uji kompetensi terhadap SDM pengembang diharapkan dapat menjawab tantangan permasalahan yang kerap dikeluhkan konsumen properti.

Adapun idealnya, sertifikasi kompetensi yang diterbitkan sudah berdasarkan kesepakatan pemangku kepentingan di sektor properti.

Sebagai informasi, uji kompetensi bagi pengembang REI ini diikuti oleh 50 peserta dari REI Lampung. Selain Lampung, ada 31 peserta sertifikasi kompetensi REI yang berasal dari REI Sumatera Selatan.

Salah satu peserta bernama Sarbini dari PT Sultan Gold Propertindo, mengakui ada banyak manfaat dari sertifikasi kompetensi tersebut.

"Salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan diri pengembang karena SDM pengembang yang bersertifikat telah memperoleh pengakuan dari lembaga negara," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com