Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Suku Bunga Acuan Naik, Minat Pembelian Properti Online Meningkat

Kompas.com - 10/02/2023, 09:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Hingga akhir tahun 2022, Bank Indonesia menaikan suku bunga acuan hingga posisi 5,5 persen.

Meskipun ada kekhawatiran suku bunga KPR juga ikut naik, namun ternyata tak menyurutkan keinginan untuk membeli secara online.

Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang properti (PropTech), Lamudi.co.id melaporkan adanya peningkatan 9 persen minat pembelian properti pada Desember 2022.

Hal ini memberikan indikasi resiliensi konsumen Indonesia dalam kembali menghadapi tantangan naiknya suku bunga acuan Bank Indonesia yang kembali naik ke posisi 5,75 persen pada bulan Januari 2023.

Baca juga: Rumah Rp 600 Juta-Rp 700 Juta Jadi Primadona Pameran Properti Online

CEO Lamudi.co.id Mart Polman, CEO Lamudi.co.id mengatakan mayoritas minat pembelian berada pada segmen rumah dengan harga di bawah Rp 600 juta, yang mana jumlahnya 75 persen dari minat pembelian dalam periode Juni hingga Desember 2022.

“Data ini mengindikasikan bahwa segmen rumah harga terjangkau memainkan peran besar dalam menopang pertumbuhan sektor properti pada kondisi ekonomi yang kurang mendukung,” ungkap Mart dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Berdasarkan hasil riset Lamudi.co.id, dijumpai bahwa umumnya masyarakat yang mencari rumah terjangkau merupakan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), yang masih tergantung pada akses kepada KPR untuk pembelian rumah.

 

“Sebagai upaya untuk menjaga pertumbuhan keberlanjutan sektor properti dua hal perlu diperhatikan oleh seluruh pemangku kepentingan yang bersangkutan, yaitu edukasi literasi finansial pada calon pembeli properti dan adanya supply memadai dari rumah terjangkau,” tambahnya.

Literasi finansial yang wajib diberikan meliputi kemampuan mengukur kesiapan finansial sebelum mengajukan KPR ke bank, persiapan dokumen yang diperlukan serta pemahaman n mengenai skema cicilan yang sesuai dengan tingkat pendapatan calon pembeli.

Developer, agen dan bank harus mengambil peran untuk melakukan literasi ini kepada calon pembeli sebelum mengajukan KPR ke bank.

Baca juga: Dilirik Banyak Investor, Pasar Properti Jateng Dinilai Menjanjikan

Selain itu, dari sisi supply developer dan pemerintah dapat berkolaborasi dalam upaya meningkatkan akses kepada rumah terjangkau sebagai bagian dari program “Satu Juta Rumah” yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meningkatkan akses perumahan pada MBR.

Lamudi Property Awards

Sebagai bentuk apresiasi kepada developer properti di Indonesia tersebut, Lamudi.co.id Property Awards (LPA) kembali hadir untuk kedua kalinya tahun ini.

LPA memberi ruang baik bagi developer yang ada di pulau Jawa dan luar pulau Jawa dengan kategori yang sudah dikurasi melalui pendataan terpusat Lamudi.co.id.

Lamudi.co.id saat ini masih membuka pendaftaran bagi developer yang berkeinginan mendaftarkan diri yang telah berlangsung dari tanggal 6 Desember 2022 dan akan ditutup pada tanggal 15 Maret 2023 mendatang.

“Kami harap acara LPA 2022 dapat menjadi salah satu insentif bagi developer untuk terus memberikan pilihan properti terbaik untuk masyarakat Indonesia,” tandas Mart.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com