Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Seksi Pamungkas Tol Sibanceh Akan Beroperasi Tahun 2023, Ini Progresnya

Kompas.com - 03/02/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga seksi pamungkas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) ditargetkan bisa selesai pada tahun 2023.

Sebelumnya, jalan tol yang merupakan salah satu ruas utama (backbone) Tol Trans-Sumatera itu sudah memiliki tiga seksi beroperasi.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Budi Harimawan Semihardjo mengatakan, Jalan Tol Sibanceh membentang sepanjang 74,2 kilometer terdiri dari enam seksi.

Sebanyak tiga seksi telah dioperasikan, yakni Seksi 2 Seulimeum-Jantho (6,26 km) yang beroperasi pada 8 Maret 2022, Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16,37 km) yang beroperasi pada 26 Februari 2021, dan Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14,60 km) yang beroperasi pada 1 Juli 2020.

"Sedangkan untuk Seksi 1 Padang Tidji-Seulimum sepanjang 24,67 km, saat ini progres lahannya sudah 98,15% dan progres konstruksi sebesar 56,86% dengan target operasional Desember 2023," jelas Budi saat mendampingi Kunker Komisi V DPR RI ke Provinsi Aceh pada Kamis (2/2/2023), dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: HK Pastikan Pasang GT Transaksi MLFF di Tol JORR S Tahun Ini

Selanjutnya Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro sepanjang 7,3 km, saat ini progres lahan sudah 99,35% dan progres konstruksi sebesar 98,97% dengan target operasional Februari 2023.

Kemudian Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km saat ini progres lahannya sebesar 98,35% dan progres konstruksi 85,05% dengan target operasional Februari 2023.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono menambahkan, total investasi pembangunan ruas tol Sigli–Banda Aceh sebesar Rp 12,35 triliun.

Dengan skema penugasan Pemerintah kepada PT Hutama Karya sebagai Badan Usaha Jalan Tol, PT Adhi Karya sebagai kontraktor pelaksana, dan PT Virama Karya (Persero) sebagai konsultan PMI.

"Selain pemerataan ekonomi, dengan adanya tol ini juga akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar tiga jam dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan menjadi hanya satu jam perjalanan," pungkas Triono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com