Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMN Surabaya dan Alun-alun Paamprokan Masuk Nominasi Building of The Year 2023

Kompas.com - 03/02/2023, 15:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya dan Alun-Alun Paamprokan di Pangandaran masuk dalam nominasi Archdaily Building of The Year 2023.

Penghargaan tahunan tersebut diselenggarakan oleh situs arsitektur Archdaily.

AMN Surabaya masuk dalam kategori perumahan, sedangkan Alun-Alun Paamprokan di Pangandaran pada kategori ruang publik.

Perlu diketahui AMN Surabaya dan Alun-Alun Paamprokan di Pangandaran merupakan proyek hasil karya SHAU Architects Indonesia yang diwakili Daliana Suryawinata dan Prof. Dr. Florian Heinzelmann.

Ketika dikonfirmasi Kompas.com pada Jumat (03/02/2023), Daliana Suryawinata membenarkan bahwa dua karya SHAU Architects dinominasi untuk Archdaily Building of The Year 2023.

Bahkan, karyanya juga pernah memenangkan penghargaan yang sama pada tahun 2021 lalu.

"Kebetulan kami SHAU sempat memenangkan Archdaily Building of The Year Award 2021 dengan karya Microlibrary Warak Kayu pada kategori Public Architecture," jelasnya.

Menurut dia, prosesi penghargaan kali ini akan berlangsung dalam dua tahap. Untuk tahap awal, lebih dari 4.500 karya dinominasi oleh Archdaily.

Setelah itu akan dipilih karya yang masuk lima besar, di mana akan berlanjut ke tahap kedua dan di-voting lagi untuk mendapatkan pemenangnya.

"Harapan kami, agar semakin banyak karya dari Indonesia yang dipublikasikan dan mendapat nominasi Award internasional. Karena banyak sekali karya arsitek Indonesia yang bagus dan menarik namun belum banyak yang mengetahui," pungkas Daliana.

Baca juga: Daliana Suryawinata, Satu-satunya Perempuan Arsitek Indonesia Nomine DIVIA Award 2023

Mengutip informasi dari laman Archdaily, penghargaan ArchDaily Building of the Year edisi ke-14 ini memiliki lebih dari 4.500 proyek yang dinominasikan dalam 15 kategori berbeda.

Mulai dari Perumahan, hingga komersial atau publik. Setiap kategori menampilkan yang terbaik dalam inovasi, keberlanjutan, desain, dan fungsionalitas.

Proyek yang dikuratori oleh tim Archdaily juga telah memberikan dampak signifikan pada lingkungan binaan dan layak mendapat pengakuan atas keunggulannya.

ArchDaily Building of The Year 2023 akan berlangsung dalam dua tahap.

Tahap pertama mulai 31 Januari 2023 sampai 15 Februari 2023. Lima proyek dengan suara terbanyak untuk setiap kategori akan maju ke babak finalis.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com