Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Lepas Tanah Pemprov Bali Jadi Milik Masyarakat, Hadi Tjahjanto Puji I Wayan Koster

Kompas.com - 31/01/2023, 11:52 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bali I Wayan Koster mendapatkan apreasi dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto.

Pasalnya, Koster melepas dan memberikan hak atas aset tanah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali terhadap masyarakat di kawasan Banjar Mumbul.

Sebelumnya, Hadi berkunjung ke Banjar Mumbul dalam rangka memberikan jawaban atas penyelesaian permasalahan pertanahan selama puluhan tahun.

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler dalam kanal Properti Kompas.com edisi Selasa (31/1/2023).

Lantas, kapan masyarakat Banjar Mumbul mendapatkan sertifikat atas tanah yang kini dimilikinya?

Jawabannya ada di sini Lepaskan Tanah Warga Banjar Mumbul, I Wayan Koster Dipuji Hadi Tjahjanto

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 605 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada tahun 2022.

Melalui program tersebut, pemerintah mendorong program karya tunai (PKT) sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat ikut membangun rumah masyarakat yang sebelumnya tidak layak menjadi lebih layak huni.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dilansir dari laman Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Senin (30/1/2023).

"Program BSPS adalah upaya nyata pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni menjadi layak sekaligus mendorong padat karya tunai bagi masyarakat," ujarnya.

Lalu, berapa masing-masing masyarakat mendapatkan bantuan program ini?

Selanjutnya baca melalui tautan ini Telan Rp 12 Miliar, 605 Rumah Tak Layak Huni di Aceh Tengah Beres Dibedah

Tiga menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 meresmikan Pabrik Lead Rubber Bearing (LRB) atau Bantalan Karet Inti Timbal, Bearing, Expansion Joint dan Fasilitas Uji Seismic Isolator MSLAB di Karawang, Jawa Barat, Senin (30/1/2023).

Ketiga menteri yang dimaksud adalah Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Usai diresmikan, Basuki menuturkan bahwa pabrik tersebut memiliki kandungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) terbesar di Indonesia yaitu sebesar 78,75 persen.

Lantas, berapa unit LRB yang diproduksi di pabrik tersebut?

Selengkapnya bisa Anda ketahui di sini 3 Menteri Resmikan Pabrik LRB dengan TKDN Terbesar di Indonesia, Ini Lokasinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com