Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 31 Desember, Junction Wringinanom Tol KLBM Bisa Dilintasi

Kompas.com - 28/12/2022, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak perusahaannya PT Waskita Bumi Wira (WBW) akan mengoperasikan Junction Wringinanom Ramp 2, 4, 5, dan 8 Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) secara fungsional.

Hal tersebut dilakukan WBW selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemilik konsesi Tol KLBM untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Pengoperasian Junction Wringinanom secara fungsional akan dilaksanakan selama kurang lebih 4 hari. Mulai 31 Desember 2022 pukul 06.00 WIB hingga 3 Januari 2023.

Selama periode pengoperasian secara fungsional tersebut, para pengguna jalan akan dikenakan tarif tol sesuai dengan tarif pada gerbang tol terdekat sebelum Junction Wringinanom.

Direktur Utama WTR, Rudi Purnomo menyampaikan bahwa Junction Wringinanom akan menyambungkan ruas Tol KLBM dengan ruas Tol Surabaya-Mojokerto.

Pengoperasian secara fungsional ini merupakan bagian dari sosialisasi awal Junction Wringinanom sebelum dioperasikan secara penuh dan diharapkan dapat menunjang peningkatan volume kendaraan pada ruas Tol KLBM.

Adapun konstruksi Junction Wringinanom telah selesai sejak Triwulan III tahun 2022, selain itu JC Wringinanom Tol KLBM juga telah menyelesaikan Uji Layak Fungsi (ULF) pada Oktober 2022 serta awal Desember 2022 lalu.

Baca juga: Libur Tahun Baru via Tol Trans-Jawa, Cek Rest Area Lengkap di Sini

"Selama beroperasi secara fungsional, kami akan memastikan layanan operator jalan tol pada Junction Wringinanom berjalan dengan baik, termasuk menyediakan layanan seperti patroli jalan tol, kendaraan derek, rescue, ambulans maupun polisi jalan raya," jelas Rudi dalam rilis pers, Rabu (28/12/2022).

Sebagai informasi, Tol KLBM memiliki panjang hingga 38,29 Km yang terletak di Jawa Timur dan dekat kawasan industri seperti Mojokerto dan terhubung dengan jaringan Jalan Tol Trans-Jawa.

Saat ini sepanjang 29 Km dari ruas Tol KLBM Seksi 1, 2, dan 3 telah beroperasi penuh sejak November 2020 yang menyambungkan wilayah Krian menuju kota Gresik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com