Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Tol Bocimi dan Becakayu Difungsikan, Simak Ketentuannya

Kompas.com - 24/12/2022, 05:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) selaku anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah mengoperasikan dua ruas tol secara fungsional untuk mendukung arus lalu lintas Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Keduanya ialah Ruas Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,90 Km, dan Ruas Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 2A dan 2A Ujung (Jakasampurna-Marga Jaya) sepanjang 4,88 Km.

Adapun pengoperasian di ruas tol Bocimi, untuk arus mudik dari Jakarta atau Bogor menuju Sukabumi diberlakukan sejak 23 Desember 2022 hingga 31 Desember 2022.

Sedangkan arus balik dari Sukabumi menuju Bogor atau Jakarta diberlakukan mulai 1 Januari hingga 2 Januari 2023.

Pada periode tersebut, jalur fungsional ruas Tol Bocimi akan dibuka setiap harinya mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Jalur fungsional tersebut dikhususkan untuk kendaraan kecil Golongan I dengan batas kecepatan yang diizinkan minimum 40km/jam dan maksimum 60km/jam.

Beralih ke jalur fungsional Tol Becakayu Seksi 2A dan 2A Ujung (Jakasampurna-Marga Jaya), ruas tersebut dioperasikan secara 24 jam (full time) selama periode Natal dan Tahun Baru.

Namun terdapat beberapa ketentuan bagi para pengguna jalan, yakni batas kecepatan yang diizinkan minimum 60km/jam dan maksimum 80km/jam, serta diberlakukan tarif yang sama pada jalur fungsional.

Selama periode Natal dan Tahun Baru, para pengguna jalan juga dapat melakukan transaksi di Gerbang Tol Margajaya Bekasi.

Baca juga: Mulai Jumat Besok, Ruas Tol Cigombong-Cibadak Difungsikan Terbatas

Direktur Utama WTR Rudi Purnomo menyampaikan, saat ini pada ruas-ruas tol lainnya juga tengah dilakukan sejumlah persiapan, baik dari segi pemeliharaan, lalu lintas, penambahan fasilitas gerbang tol, serta rest area.

Persiapan pemeliharaan tersebut termasuk pemeriksaan kondisi lubang, penyediaan material, peralatan, dan perambuan untuk pekerjaan penutupan lubang, dan perbaikan jalan berlubang atau patching aspal.

"Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, akan disiagakan petugas lalu lintas pada lokasi titik rawan kepadatan untuk melakukan pengaturan atau rekayasa lalu lintas jika ada kemungkinan terjadi contraflow, serta BUJT akan berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya danKepolisian setempat," jelasnya dalam rilis pers, Jumat (23/12/2022).

Baca juga: Jelang Natal-Tahun Baru, Begini Kesiapan Dua Ruas Tol di Pekanbaru

Di sepanjang jalan tol pun akan disiapkan informasi mengenai lalu lintas pada papan VMS, serta pantauan CCTV selama 24 jam.

"Selain itu, akan disediakan mesin top-up saldo kartu elektronik tol untuk memperlancar transaksi pada gerbang tol, beserta dengan penyiagaan petugas yang akan memastikan peralatan tol dan mobile readerdalam kondisi 100% baik dan akan membantu pengguna jalan melakukan tapping ketika lalu lintas terpantau ramai," pungkas Rudi.

Di sisi lain, terdapat 2 rest area yang akan dioperasikan secara fungsional oleh BUJT WTR, yaitu Rest Area KM 338A Ruas Tol Pemalang-Batang dan KM 360B Ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung.

Sedangkan Rest Area KM 819A, 819B, 833A, dan 833B Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo tetap beroperasi normal yang didukung dengan adanya petugas jaga, tim medis, dan SPBU modular.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com