Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1,1 Juta Kendaraan Lintasi Tol Tangerang-Merak saat Libur Natal 2022

Kompas.com - 27/12/2022, 06:55 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.173.799 kendaraan melintasi Ruas Tol Tangerang-Merak pada libur Natal 2022 atau tepatnya sejak 19-25 Desember 2022.

Sehingga, rata-rata ada 167.686 kendaraan per hari yang melintasi ruas tersebut atau meningkat 4,78 persen dibandingkan lalu lintas (lalin) tahun 2021 pada periode yang sama.

"Selama periode H-6 sampai hari H Natal, trafik tertinggi sementara ini adalah pada tanggal 21 Desember 2022, yakni 175.211 kendaraan atau naik 4,09 persen dibanding tahun 2021, namun angka ini masih sedikit di bawah proyeksi kami," jelas Kepala Departemen CSR dan Humas ASTRA Tol Tangerang-Merak Uswatun Hasanah dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Uswatun menjelaskan, dominasi tujuan lalin ke arah Gerbang Tol (GT) Merak, Cilegon Timur dan Serang Timur, yang merupakan campuran antara arus mudik dan arus wisata.

Selama periode menjelang Natal, situasi lalin di Ruas Tol Tangerang-Merak cukup kondusif, hal ini terwujud berkat sinergi antar pihak dan kesiapan dari pengguna jalan dalam melakukan perjalanan.

Beberapa upaya sinergi yang dilakukan di antaranya, imbauan bersama pembelian tiket penyebrangan dari Pelabuhan Merak ke Sumatera bersama ASDP dan rekayasa lalin bersama atas diskresi Kepolisian untuk mengatur lalin di GT Cikupa.

Baca juga: Melonjak 50 Persen Kendaraan Lewat Tol Cipali Saat Natal 2022

Juga untuk mengatur tempat istirahat (TIP) di Km 43 dan Km 68 arah Merak dalam mengantisipasi antrean dari Pelabuhan Merak ke Ruas Tol Tangerang-Merak.

Sebagai upaya untuk menangani kepadatan arus mudik serta liburan, Astra Tol Tangerang Merak melakukan persiapan untuk penangan lalin di antaranya dilakukan upaya-upaya intensif terhadap layanan transaksi, layanan lalin, layanan konstruksi pemeliharaan dan layanan pendukung.

Pada layanan transaksi ASTRA Tol Tangerang-Merak memaksimalkan operasional 102 gardu regular yang terdapat di 10 GT, terdiri atas 43 gardu entrance, 53 gardu exit dan 6 gardu ramp.

Untuk menambah layanan transaksi, dioperasionalkan 2 gardu tandem khusus di GT Merak serta mengoptimalkan 40 mobile reader yang tersebar di seluruh gerbang, dengan tambahan 18 personel layanan transaksi yang tersebar di GT Cikupa dan Merak.

Penyiagaan personel juga dilakukan untuk layanan konstruksi dan pemeliharaan Jalan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Di samping itu, ASTRA Tol Tangerang-Merak juga menyiapkan layanan sarana prasarana untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan, antara lain posko kesehatan di rest area 68 arah Merak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com