Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2022, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memperoleh dua proyek infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Salah satu proyek yang didapatkan perseroan di IKN adalah pembangunan Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Karingau.

Dalam membangun proyek ini, perseroan rencananya akan menggunakan sejumlah Teknologi Digital Konstruksi seperti (MM-GPS) pada aplikasi 3D Paver.

Kemudian, Intelligent Compactor untuk memantau pemadatan secara digital dan Fotogrametri untuk memantau progres secara 3D.

Selanjutnya, Building Information Modelling (BIM) untuk pemodelan 3D dan Class Detection, serta penggunaan GNSS yang bertujuan untuk survei berbasis GPS.

Penandatanganan kontrak atas Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau senilai Rp 3,3 triliun ini dilakukan ditandatangani pada September lalu di Balikpapan.

Baca juga: Ditawarkan, Perumahan Murah Bersebelahan dengan IKN (II)

Penandatanganan dilakukan PPK Tol Balikpapan-Pulau Balang-IKN Seksi 3A oleh EVP Divisi Sipil Umum Hutama Karya Ari Asmoko.

Pada pengerjaan proyek tol ini, Hutama Karya melakukan pekerjaan pembangunan jalan tol sepanjang 9,965 kilometer dan jembatan baru yang melewati sungai dan rawa sepanjang 3,435 kilometer.

“Pembangunan Tol IKN dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru bagi wilayah IKN dan dapat mendorong kegiatan ekonomi melalui investasi infrastruktur,” ucap Tjahjo dalam rilis, Kamis (15/12/2022).

Tjahjo melanjutkan, dengan adanya pembangunan proyek di IKN oleh Hutama Karya ini diharapkan dapat memberikan kemudahan akses transportasi, pariwisata, meningkatkan perekonomian daerah, serta membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

Sampai dengan Kuartal III tahun 2022, Hutama Karya terus mendapatkan kontrak baru yang meningkat hampir 50 persen dari tahun lalu.

"Terjadi pertumbuhan yang cukup signifikan yang didominasi oleh sektor jalan dan jembatan," tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com