Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sakit UPT Vertikal Kupang Rampung, Siap Layani Warga NTT dan Timor Leste

Kompas.com - 14/12/2022, 08:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Pembangunan Rumah Sakit Unit Pelaksana Teknis Vertikal (RSUPT), yang berlokasi di Kelurahan Manulai II, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), rampung dikerjakan.

Bangunan dengan anggaran Rp 380 miliar itu mulai dikerjakan oleh PT PT Hutama Karya (Persero), sejak Desember 2020 lalu dan selesai Desember 2022.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena meninjau langsung rumah sakit itu, Senin (12/12/2022).

Dalam kunjungannya, Melki sapaan akrabnya, mengaku gembira karena rumah sakit itu telah selesai dikerjakan.

"Saya senang sekali karena progres pembangunan fisik maupun kesiapan sumber daya manusia dan alat kesehatan sudah beres, tinggal diresmikan bulan Desember ini," ujar Melki, saat diwawancarai Kompas.com.

Untuk acara peresmiannya masih dibahas, karena harus menunggu waktu luang dari Menteri Kesehatan dan Gubernur NTT.

Baca juga: Bali Bakal Punya Rumah Sakit Internasional Pertama, Ini Progresnya

Dia menyebut, rumah sakit itu akan diberi nama Ben Mboi, yang merupakan Gubernur NTT periode 1978-1988.

Melki pun mengapresiasi kerja dari semua tim yakni dari Kementerian Kesehatan, PT Hutama Karya (Persero), dan Pemerintah Provinsi NTT, serta masyarakat sekitar.

Keberadaan rumah sakit ini, tentu akan sangat membantu masyarakat NTT, bila ingin membutuhkan rujukan.

"Selama ini ketika sakit harus rujuk ke Bali, Surabaya maupun Jakarta. Namun ketika rumah sakit ini sudah beroperasi penuh, maka sudah bisa dirujuk ke sini," kata Melki.

Kondisi baru itu tentu membuat beban biaya kesehatan masyarakat menjadi berkurang. Termasuk juga, di sekitar areal rumah sakit akan menjadi pusat ekonomi baru di Kota Kupang.

"Saya percaya, dengan dukungan kami di komisi IX dan komisi terkait lainnya, termasuk Kementerian Kesehatan, dan Pemprov NTT, mudah mudahan rumah sakit ini bisa bermanfaat bagi masyarakat NTT," harap Melki.

Pelaksana Harian Direktur Utama Rumah Sakit Unit Pelaksana Teknis Vertikal (RSUPT) Kupang Andry Chandra mengatakan, peresmian rencananya pada 22 Desember mendatang sebagai kado untuk hari ulang tahun (HUT) Provinsi NTT ke-64.

Rumah sakit ini merupakan fasilitas kesehatan rujukan tertinggi yang pertama di NTT dan akan melayani masyarakat hingga negara tetangga Timor Leste.

"RSUP Kupang ini menjadi rumah sakit rujukan tertinggi di NTT, kita berharap masyarakat NTT atau Timor Leste bisa berobat ke sini tanpa harus keluar dari NTT," imbuh Andry.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com