Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bagi-bagi 1,5 Juta Sertifikat Tanah, buat Siapa Saja?

Kompas.com - 01/12/2022, 17:08 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membagikan sekitar 1,5 juta sertifikat tanah kepada masyarakat pada Kamis (1/12/2022).

Penyerahan dilakukan secara hybrid, baik itu secara langsung di Istana Negara, Jakarta, maupun virtual.

"Siang hari ini saya senang karena 1,5 juta sertifikat dibagikan (ke masyarakat) di 33 provinsi," ujar Jokowi, dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Dia pun senang bahwa konflik pertanahan yang menimpa Suku Anak Dalam (SAD) sudah selesai. Sebab, sebelumnya konflik ini sudah lebih dari 35 tahun tak kunjung rampung.

"Untuk Suku Anak Dalam adalah pemberian sertifikat sekaligus redistribusi lahan," tandasnya.

Presiden mengingatkan agar masyarakat bisa menyimpan sertifikat tanah dengan baik. Sudah difotokopi dan tersimpan di tempat yang berbeda dengan sertifikat aslinya.

Baca juga: Bagaimana Antisipasi Kerusakan Sertifikat Tanah? Begini Saran Hadi Tjahjanto

"Dijaga betul jangan sampai rusak atau hilang, apabila hilang kita sudah fotokopi bisa diurus lagi ke kantor BPN," tukasnya.

Sementara itu, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto menyampaikan, pada kesempatan ini telah berlangsung penyerahan 1.552.451 sertifikat tanah.

"Terdiri dari 1.423.750 sertifikat program PTSL, dan 119.699 sertifikat redistribusi tanah kepada masyarakat di seluruh Indonesia," jelasnya.

Adapun dari total perkiraan 126 juta bidang tanah di seluruh Indonesia, Kementerian ATR/BPN telah berhasil mendaftarkan sebanyak 100,14 juta bidang tanah.

"Di mana sebanyak 82,5 juta bidang tanah di antaranya telah bersertifikat," pungkas Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com