Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Baru Kampus Sidotopo di Magelang Disebut Bisa Berumur hingga 50 Tahun

Kompas.com - 23/11/2022, 14:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan dua gedung baru Kampus Sidotopo Universitas Tidar di Magelang, Jawa Tengah.

Bangunan berupa Gedung Kuliah Terpadu dan Gedung Kuliah Fisipol tersebut juga telah diresmikan pada Selasa (22/11/2022).

Gedung Kuliah Terpadu Universitas Tidar dibangun setinggi 5 lantai ruang perkuliahan, dan 1 lantai basement untuk parkir motor dengan luas bangunan 5.026 meter persegi.

Sedangkan Gedung Kuliah Fisipol dibangun setinggi 4 lantai ruang perkuliahan dan 1 lantai basement untuk parkir mobil dan motor dengan luas bangunan 3.587 meter persegi.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah berpesan kepada pihak Universitas Tidar untuk ke depannya memprioritaskan pemeliharaan gedung-gedung yang telah dibangun tersebut.

"Kita membangun gedung ini sesuai Undang-Undang Bangunan Gedung dan SNI terbaru agar umur bangunan bisa hingga lebih dari 50 tahun," jelasnya, dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Kampus UNU Yogyakarta Bakal Punya Gedung Baru Berlantai 9, Ini Progresnya

Pembangunan dua gedung tersebut dilakukan sejak November 2021 dan telah rampung pada September 2022.

Untuk pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh kontraktor PT. Sinar Cerah Sempurna dengan nilai kontrak Rp 65,59 miliar dan Konsultan Manajemen PT Riau Multi Cipta Dimensi senilai Rp 1,8 miliar.

Gedung baru Kampus Sidotopo Universitas Tidar di Magelang, Jawa Tengah.Dok. Kementerian PUPR Gedung baru Kampus Sidotopo Universitas Tidar di Magelang, Jawa Tengah.
Lingkup pekerjaannya mencakup ruang kelas, ruang dosen, ruang rapat, ruang lab TV dan audio, ruang lavatory putri dan difabel, tangga darurat, jembatan penghubung, basement parkiran, area entrance, drop off, lobby, dan panel surya.

Baca juga: Kampus Asal Inggris Bakal Berdiri di KEK Singhasari Malang

Rektor Universitas Tidar Mukh Arifin mengatakan, dua gedung baru ini sudah digunakan untuk perkuliahan sejak September, tidak lama setelah pembangunannya selesai, meskipun belum sempat diserahterimakan.

Hal itu dikarenakan jumlah mahasiswa Universitas Tidar pada tahun ajaran 2022/2023 meningkat dengan sangat drastis, sehingga membutuhkan tambahan ruang perkuliahan.

"Jika saat itu gedung baru ini tidak ada, kami harus kembali menyewa gedung SD untuk perkuliahan. Selama ini para mahasiswa kurang nyaman jika berkuliah di gedung SD," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com