Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2022, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan dua gedung baru Kampus Sidotopo Universitas Tidar di Magelang, Jawa Tengah.

Bangunan berupa Gedung Kuliah Terpadu dan Gedung Kuliah Fisipol tersebut juga telah diresmikan pada Selasa (22/11/2022).

Gedung Kuliah Terpadu Universitas Tidar dibangun setinggi 5 lantai ruang perkuliahan, dan 1 lantai basement untuk parkir motor dengan luas bangunan 5.026 meter persegi.

Sedangkan Gedung Kuliah Fisipol dibangun setinggi 4 lantai ruang perkuliahan dan 1 lantai basement untuk parkir mobil dan motor dengan luas bangunan 3.587 meter persegi.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah berpesan kepada pihak Universitas Tidar untuk ke depannya memprioritaskan pemeliharaan gedung-gedung yang telah dibangun tersebut.

"Kita membangun gedung ini sesuai Undang-Undang Bangunan Gedung dan SNI terbaru agar umur bangunan bisa hingga lebih dari 50 tahun," jelasnya, dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Kampus UNU Yogyakarta Bakal Punya Gedung Baru Berlantai 9, Ini Progresnya

Pembangunan dua gedung tersebut dilakukan sejak November 2021 dan telah rampung pada September 2022.

Untuk pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh kontraktor PT. Sinar Cerah Sempurna dengan nilai kontrak Rp 65,59 miliar dan Konsultan Manajemen PT Riau Multi Cipta Dimensi senilai Rp 1,8 miliar.

Gedung baru Kampus Sidotopo Universitas Tidar di Magelang, Jawa Tengah.Dok. Kementerian PUPR Gedung baru Kampus Sidotopo Universitas Tidar di Magelang, Jawa Tengah.
Lingkup pekerjaannya mencakup ruang kelas, ruang dosen, ruang rapat, ruang lab TV dan audio, ruang lavatory putri dan difabel, tangga darurat, jembatan penghubung, basement parkiran, area entrance, drop off, lobby, dan panel surya.

Baca juga: Kampus Asal Inggris Bakal Berdiri di KEK Singhasari Malang

Rektor Universitas Tidar Mukh Arifin mengatakan, dua gedung baru ini sudah digunakan untuk perkuliahan sejak September, tidak lama setelah pembangunannya selesai, meskipun belum sempat diserahterimakan.

Hal itu dikarenakan jumlah mahasiswa Universitas Tidar pada tahun ajaran 2022/2023 meningkat dengan sangat drastis, sehingga membutuhkan tambahan ruang perkuliahan.

"Jika saat itu gedung baru ini tidak ada, kami harus kembali menyewa gedung SD untuk perkuliahan. Selama ini para mahasiswa kurang nyaman jika berkuliah di gedung SD," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+