Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Pastikan Bangun Baru Rumah Korban Gempa Cianjur

Kompas.com - 23/11/2022, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal membangun rumah baru untuk korban bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri Infrastructure Connect 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022).

"Yang rusak berat, yang runtuh, yang harus direlokasi itu harus dibangun baru dengan standar tahan gempa dari PUPR, itu perintah Presiden," jelas Basuki.

Sementara untuk rumah yang masuk dalam kriteria rusak ringan dan rusak sedang akan diberi dana perbaikan hingga Rp 50 juta yang merupakan stimulan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga: Banyak Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur, Ini Pelajaran yang Bisa Dipetik

"Jadi itu SOP-nya gitu, kalau dia cuma retak-retak, bisa diperbaiki sendiri, diberikan stimulan yang tugasnya BNPB," tambah Basuki.

Berdasarkan laporan Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Iwan Suprijanto yang berada di lokasi bencana, ada 2.272 rumah rusak akibat gempa Cianjur.

Sedangkan menurut laporan BNPB hingga Selasa (22/11/2022) pukul 09.55 WIB, ada sebanyak 3.075 rumah rusak ringan, 33 rumah rusak sedang, dan 59 rumah rusak berat.

Adapun pembangunannya akan menerapkan konsep Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dengan stok modul rumah yang sudah tersedia dan siap pasang.

Baca juga: Warga Terdampak Gempa Cianjur Dapat Bantuan Renovasi Rumah Rp 50 Juta

Saat ini, Kementerian PUPR tengah menunggu langkah Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menyiapkan lahan pembangunan rumah korban gempa Cianjur.

"Tergantung Pemda karena Pemda harus siapkan tanahnya, nanti kita land clearing dan kita bangun," tutup Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com