Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Terdampak Gempa Cianjur Dapat Bantuan Renovasi Rumah Rp 50 Juta

Kompas.com - 22/11/2022, 19:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo  (Jokowi) meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

Ia mendatangi masyarakat yang berada di tenda pengungsian Taman Prawatasari. Tenda ini menjadi tempat tinggal sementara warga yang huniannya terdampak atau rusak akibat gempa bumi.

Baca juga: Jokowi Instruksikan Bangun Rumah Tahan Gempa bagi Korban di Cianjur

Hingga Selasa (22/11/2022) pukul 09.55 WIB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 3.075 rumah rusak ringan, 33 unit rumah rusak sedang, dan 59 rumah rusak berat, serta kerusakan infrastruktur lainnya seperti sekolah, rumah ibadah, dan jembatan.

Menanggapi hal ini, Presiden Jokowi juga menyampaikan perihal adanya bantuan dari pemerintah berupa uang tunai untuk warga yang propertinya rusak atau terdampak.

"Nanti dibantu Rp 50 juta yang (kerusakannya) berat, yang sedang Rp 25 juta, yang ringan Rp10 juta, ya. Nanti kalau sudah, gempanya sudah tenang, ya, dimulai pembangunan rumah, ya," ucapnya, dikutip dari laman resmi presiden.go.id

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga membawakan makanan siap saji yang ia bagikan kepada anak-anak di tenda pengungsian.

Selain makanan, ia juga membagikan bungkusan sembako kepada para korban bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com