Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCI Sabet 7 Penghargaan di DTKJ Awards 2022

Kompas.com - 23/11/2022, 06:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyabet 7 penghargaan dari 7 kategori dalam Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Awards 2022 yang digelar di Grand Mercure Kemayoran pada Selasa (22/11/2022).

Dari 7 kategori tersebut, PT KCI berhasil meraih 1 silver, 4 gold dan 2 platinum. Adapun ketujuh kategori yang dimaksud meliputi:

  1. Operator dengan pengguna disabilitas terbanyak,
  2. Operator terkreatif dalam layanan disabilitas,
  3. Operator yang paling terakomodatif dalam layanan disabilitas,
  4. Petugas pria terbaik dalam layanan disabilitas,
  5. Petugas wanita terbaik dalam layanan disabilitas,
  6. Operator dengan penyediaan fasilitas integrasi moda teramah disabilitas, dan
  7. Operator dengan penyediaan sarana dan prasarana transportasi ramah disabilitas.

Oleh karena itu, PT KCI berhasil meraih total poin 22.535, sehingga menempatkannya di posisi kedua setelah PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sebanyak 22.545 poin yang berhasil menjadi juara umum.

Posisi ketiga diraih oleh PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta dengan total poin 19.645.

Baca juga: 53.500 Tiket Kereta Periode Libur Natal Ludes, Ini Relasi Terfavorit

Terkait hal ini, Operation and Commercial Director PT KCI Wawan Ariyanto mengatakan acara penghargaan ini bisa memberikan masukan tentang apa yang perlu dibenahi dari transportasi yang dimiliki.

"Memang di semua sarana prasarana kami sudah memfasilitasi itu semua, namun kami juga enggak tau juga kurangnya di mana, kita bisa tau kekurangan kan setelah dibandingkan. Ini kebetulan ada pembanding," jelasnya menjawab Kompas.com.

Lanjutnya, infrastruktur penunjang kebutuhan disabilitas telah disediakan seperti eskalator, lift maupun tangga manual, khususnya di beberapa stasiun baru.

Sementara untuk di stasiun lama masih terkendala luas bangunan, sehingga peningkatan infrastruktur ramah difabel menjadi sedikit sulit.

"Stasiun lama kita improve ya, jadi nanti kita lihat, kita modifikasi, kalau memang tempatnya memungkinkan ya kita buat," tambah Wawan.

Baca juga: Imbas Gempa Cianjur, Perjalanan Kereta Pangrango Dihentikan 10 Menit

Dengan keterbatasan yang dimiliki oleh PT KCI, pihaknya berusaha untuk bisa melayani penumpang dengan baik tanpa terkecuali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com