Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Basuki Pastikan Ruas Jalan Cianjur-Cipanas Kembali Dibuka Siang Ini

Kompas.com - 22/11/2022, 09:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Setelah sempat ditutup akibat longsor dan gempa bumi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan ruas jalan Cianjur-Cipanas bisa kembali dibuka Selasa (22/11/2022) siang.

Menteri Basuki mengatakan, fokus penanganan dilakukan dengan ekskavator dan dump truck yang sudah berada di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan pada ruas Cipanas - Cianjur.

"Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa (22/11/22), total alat berat bekerja dari 2 sisi yang berbeda (sisi Cianjur di bagian Selatan dan sisi Cipanas di bagian Utara) adalah 6 unit ekskavator dan 6 unit dump trucks," kata Menteri Basuki.

"Insya Allah pada siang hari ini (Selasa), sudah bisa diselesaikan pembersihan longsoran pada badan jalan, sehingga ruas jalan Cianjur-Cipanas bisa terbuka kembali," tambahnya. 

Baca juga: Pentingnya Memiliki Bangunan Tahan Gempa di Indonesia

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, ruas yang tertutup longsoran tanah dari tebing sepanjang 140 meter di 2 titik sudah bisa kita tembus pagi ini jam 08.00 WIB.

"Sekarang fokus kita pada pembersihan ruas jalan agar bisa dilalui dari 2 arah, serta evakuasi jenazah yang ditemukan tertimbun longsoran," jelas Endah.

Dengan terbukanya ruas jalan Cianjur -Cipanas, diharapkan mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan (makanan/minuman) dan sandang (baju/selimut/sarung) dapat menjadi lebih lancar. 

Baca juga: Mengenal RIKA, Teknologi Rumah Modular Kayu yang Tahan Gempa

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sedang mengawasi pembersihan ruas jalan raya Cipanas-Cianjur pada Selasa (22/11/202) dini hari. Kementerian PUPR Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sedang mengawasi pembersihan ruas jalan raya Cipanas-Cianjur pada Selasa (22/11/202) dini hari.

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah mengerahkan 6 hidran umum, 4 mobil tangki air dan 6 toilet portable yang juga sudah difungsikan di tenda-tenda pengungsian darurat, terutama di sekitar Pendopo Bupati dan RSUD Cianjur.

Kunjungan Menteri Basuki tersebut pasca terjadinya gempa bumi dengan magnitudo 5,6 telah terjadi di Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB.

Turut mendampingi tinjauan dini hari tersebut, Direktur Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Operasi dan Pemeliharaan Adenan Rasyid, Kepala BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat Wilan Oktavian, Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Bambang Hery Mulyanto dan Kepala BBWS Citarum Bastari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com