Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menembus Malam, Basuki Tinjau Lokasi Longsor Cianjur

Kompas.com - 22/11/2022, 07:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pemerintah mengambil langkah cepat dalam penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Sesuai perintah Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono langsung datang meninjau lokasi longsor di Kecamatan Cugenang, Cianjur. Ia diketahui tiba di lokasi pada Senin malam tepatnya pukul 21.45 WIB

Berdasarkan rilis dari Kementerian PUPR yang diterima redaksi Kompas.com, dikatakan saat Menteri Basuki tiba di Cugenang, gempa susulan masih terjadi.

Dua buah ekskavator telah disiagakan di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan Cipanas-Cianjur.

Baca juga: Gempa di Cianjur, Ini Mitigasi yang Dilakukan Kementerian PUPR

Sebagai tambahan, 7 excavator dan 10 dump trucks sedang dalam perjalanan dari 2 arah (dari arah Bandung ke Cianjur dan dari arah Bogor-Cianjur).

Sebelumnya, Staf Ahli Teknologi, dan Lingkungan Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaya mengatakan penempatan ekskavator dilakukan untuk pembersihan jalan agar lalu lintas pada jalan nasional Cipanas-Cianjur kembali normal.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk kelancaran penyaluran obat-obatan, tenaga medis, bahan makanan dan sandang seperti baju dan selimut bagi warga terdampak.

“Sementara ini, tidak ada jalan yang putus karena kerusakan struktur, tetapi jalur akses terputus karena tertutup pohon yang tumbang dan longsoran tanah,” ungkap Endra.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi bencana gempa di di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Senin (21/11/2022) malam. Kementerian PUPR Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi bencana gempa di di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Senin (21/11/2022) malam.
Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 telah terjadi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB.

Baca juga: Tak Cuma Gempa, Distress Juga Bisa Menyebabkan Bangunan Bergetar

Hingga berita ini ditulis, tercatat ada 162 orang yang meninggal, 326 warga luka-luka dan 13.784 orang mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com