Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Asal Inggris Bakal Berdiri di KEK Singhasari Malang

Kompas.com - 22/11/2022, 17:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Kabupaten Malang, Jawa Timur, telah disambut rencana apik.

Sebab, rencananya di KEK Singhasari akan hadir King's College London (KCL), yang merupakan salah satu universitas terkemuka dengan peringkat 37 dunia dan peringkat 7 di Inggris.

KCL bersama Universitas Indonesia akan menjadi mitra dalam mewujudkan pengembangan pendidikan transnasional di KEK Singhasari.

Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Elen Setiadi menyampaikan, perkembangan pendidikan di dunia menunjukkan peningkatan inisiasi atas Transnational Education & Going Global Partnership.

Hal itu terlihat dari banyaknya perguruan tinggi luar negeri dari negara-negara maju yang sedang mengembangkan sayapnya ke negara-negara berkembang.

"Dalam hal ini, Indonesia masuk sebagai target di posisi atas untuk pengembangan tersebut," jelasnya dikutip dari laman Kemenko Bidang Perekonomian, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: Sah! KEK Singhasari di Malang Kini Resmi Beroperasi

Untuk diketahui, KEK Singhasari saat ini telah resmi beroperasi ditandai dengan diserahkannya Surat Keputusan (SK) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 2 Tahun 2022.

Penyerahan SK dilakukan Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo dan Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Elen Setiadi di Malang, pada Senin (21/11/2022).

Berdirinya KEK Singhasari ditetapkan pada 2019 lalu melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2019.

Pendirian KEK di Malang itu untuk memberikan nilai tambah terhadap penguasaan teknologi dan SDM serta didesain dengan pendekatan wisata dan budaya.

Selain itu, KEK Singhasari juga disiapkan sebagai pusat pendidikan kelas dunia serta jantung ekonomi kreatif dan digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com