Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peralatan Sistem MLFF Dipasang Lagi, Kini Giliran Tol JORR S

Kompas.com - 24/10/2022, 06:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemasangan alat untuk sistem pembayaran tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) kembali berlangsung.

Namun kali ini lokasi pemasangan alat berupa gantry ini berbeda dengan jalan tol sebelumnya.

Karena pemasangan perdana untuk gantry MLFF telah berlangsung di Jalan Tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi pada 19-20 Oktober 2022 lalu.

Sebagaimana melansir dari unggahan akun Instagram Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Minggu (23/10/2022), pemasangan gantry MLFF yang kedua tengah dilakukan.

Lokasinya di Jalan Tol JORR S KM 33+635, berlangsung mulai Minggu (23/10/2022) pukul 22.00 WIB sampai dengan Senin (24/10/2022) pukul 04.00 WIB.

Baca juga: Perdana, Tiang Sensor MLFF Akan Dipasang di Tol Jagorawi

Gantry ini dilengkapi kamera yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) berbasis perangkat lunak.

Setelah terpasang, masing-masing gantry di jalan Tol Jagorawi dan JORR S tersebut akan dilakukan uji coba untuk memastikan semua sistem peralatan bekerja dengan baik.

Adapun terkait pekerjaan pemasangan gantry agar berjalan lancar dan aman, sejumlah petugas keamanan dan pengaturan lalu lintas akan disiagakan.

Selain itu, rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar juga disiapkan, termasuk rambu pengaturan lalu lintas dan lampu selang.

Baca juga: Evolusi Sistem Transaksi Tol di Indonesia, dari Tunai Hingga Bersiap Non-Tunai Tanpa Setop

Pengaturan lalu lintas berupa penutupan lajur dilakukan secara situasional atas diskresi dari pihak Kepolisian.

Baiknya pengguna mengatur waktu perjalanan dengan memperhatikan jadwal pekerjaan tersebut dan mengecek kondisi lalu lintas terlebih dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com