Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MLFF Diharapkan Bisa Mengintegrasikan Transaksi di Jalan Tol, Termasuk Beli Makan

Kompas.com - 12/07/2022, 19:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan transaksi tol non-tunai dan nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) diharapkan bisa memicu pengintegrasi pembayaran di jalan tol.

Sekretaris BPJT Triono Junoasmono mengatakan, penggunaan teknologi MLFF tidak menghilangkan peranan Bank dan BUJT terkait kegiatan transaksi pengumpulan tol dan pengusahaan jalan tol.

Adanya Sistem MLFF menjadikan sistem pembayaran tol menjadi terintegrasi dalam aplikasi transaksi di jalan tol.

"Harapan kita kedepan dalam pelaksanaan transaksi digital di jalan tol seluruhnya dapat berbasis digital payment," ujar Triono dikutip dari laman BPJT, Selasa (12/07/2022).

"Mulai dari bayar tol, membeli makan, dan keperluan di rest area yang hanya menggunakan satu smartphone untuk semua transaksi," tandasnya.

Baca juga: Tol JORR Seksi S dan ATP Siap Uji Coba Transaksi Tanpa Setop Nir-sentuh MLFF

Adapun secara garis besar inovasi teknologi MLFF merupak!n suatu terobosan layanan transaksi di Jalan Tol tanpa sentuh yang dilakukan secara otomatis melalui aplikasi di smartphone.

Menggunakan sistem server based dengan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) dan data kendaraan dikenali menggunakan satelit.

Nantinya, pembayaran tol hanya dengan mengunduh dan mendaftar data pribadi pada aplikasi bernama Cantas melalui smartphone masing-masing yang telah terkoneksi internet.

Kemudian setelah kalkulasi tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna juga akan berkurang otomatis," terang Triono.

Adapun perangkat yang digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF adalah berupa Electronic On-Board Unit (E-OBU).

Dengan sistem tersebut, pengguna jalan tol akan memiliki user experience yang lebih baik, memperoleh efisiensi biaya operasi, dan juga mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan.

"Selain memudahkan pengguna jalan karena bayar tol tanpa hambatan, informatif, aman, nyaman dan berkelanjutan dan juga dapat meningkatkan efisiensi pendapatan tol bagi Badan Usaha Jalan Tol, serta mengurangi tingkat kemacetan pada jam-jam padat," jelasnya.

Baca juga: Mengenal Cantas, Aplikasi Transaksi Tol Non-tunai MLFF yang Diterapkan Desember

Menurut Triono, beberapa ruas jalan tol akan mengimplementasikan transaksi MLFF pada akhir 2022.

Karena implementasi itu masih dalam tahapan masa transisi, nantinya sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik.

"Saat ini kita tengah fokuskan tahap pengembangan aplikasi Cantas, finalisasi proses pemasangan gantry, dan perangkat kamera," katanya.

Melalui proses itu, harapannya semua tahapan bisa segera tuntas dan berjalan dengan baik sebelum diimplementasikan dan digunakan masyarakat secara bertahap pada Desember 2022.

"Selanjutnya akhir tahun 2023 mendatang akan diimplementasikan secara keseluruhan di seluruh Jalan Tol di Indonesia," pungkas Triono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com