Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang Juarai Kompetensi Teknik Alat Berat 2022

Kompas.com - 11/10/2022, 10:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang berhasil membawa pulang gelar Juara Umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2022 yang diselenggarakan oleh PT Trakindo Utama (Trakindo).

Trakindo yang merupakan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia, menggelar kompetisi ini  mulai 3 hingga 10 Oktober ini diikuti 8 SMKN dan 6 Politeknik dari Program Studi Teknik Alat Berat.

President Director Trakindo Bari Hamami, mengatakan event ini diselenggarakan Trakindo untuk mengajak institusi pendidikan berpartisipasi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan praktik teknik alat berat, serta pendidikan karakter, sehingga tercipta siswa dan mahasiswa yang adaptif.

Baca juga: Trakindo Hadirkan Pembaruan CAT MineStar System di Pertambangan, Ini Fiturnya

“Program K3TAB sudah dilakukan sejak tahun 1996. Ini adalah salah satu bentuk aplikasi nilai inti Trakindo, yakni perkembangan berkelanjutan. Kami serius berkontribusi dalam memajukan pendidikan vokasi alat berat tanah air,” ungkap Bari dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Ia berharap semua pemangku kepentingan yang terlibat dapat terus memiliki semangat untuk bersama melanjutkan sinergi yang sudah berjalan baik ini demi kemajuan kualitas generasi penerus bangsa.

K3TAB 2022 yang mengangkat tema “Bangkit Lebih Tangguh, Bersama Lebih Unggul” merupakan penyelenggaraan ke-14 untuk tingkat Politeknik dan ke-13 untuk tingkat SMKN.

Lewat kegiatan ini, Trakindo ingin melengkapi pengetahuan dan skill para siswa dan mahasiswa, agar setelah menjalani pendidikan, mereka menjadi tenaga kerja siap pakai yang mampu memenuhi kebutuhan dan ekspektasi masyarakat.

Sementara itu, Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek RI Sariyadi mengungkapkan apresiasinya terkait penyelenggaraan K3TAB.

Juara Umum K3TAB 2022 tingkat Politeknik yang berhasil diraih Politeknik Negeri Padang bersama  President Director Trakindo Bari Hamami. Trakindo Juara Umum K3TAB 2022 tingkat Politeknik yang berhasil diraih Politeknik Negeri Padang bersama President Director Trakindo Bari Hamami.

“Dengan kemitraan bersama dunia usaha dan dunia industri melalui Link & Match, saya yakin vokasi makin kuat, para siswa memiliki bekal kompetensi memadai, untuk masa depan yang lebih baik dan Indonesia yang lebih kuat,” ucap Sariyadi.

Program yang bekerja sama dengan institusi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia ini merupakan bagian dari program Kerja Sama Pendidikan (CO-OP) Trakindo.

Baca juga: Trakindo Cari Operator Alat Berat Terbaik di Indonesia

Sejalan dengan perkembangan situasi kesehatan terkini di Indonesia, kompetisi dilakukan secara daring dan luring, setelah dua tahun terakhir dilakukan secara daring.

Aspek penilaian meliputi Presentasi Inovasi, Uji Pengetahuan, Uji Praktik, Kerja Sama Tim dan Etika.

Untuk kegiatan luring, peserta menjalankan Uji Praktik di fasilitas Trakindo, yaitu Training Center Cileungsi, Satellite Training Center (STC) Balikpapan, STC Banjarmasin, STC Makassar, dan STC Tembagapura.

Sementara itu, uji pengetahuan dan presentasi inovasi dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi temu virtual (virtual meeting app).

Berkat kelebihannya dalam kategori Pengetahuan Teknik dan Keterampilan Teknik, juri ahli dan praktisi memilih SMKN 1 Balikpapan sebagai Juara Umum untuk tingkat SMK.

Sementara untuk tingkat Politeknik Politeknik Negeri Padang berhasil menjadi juara umum setelah unggul di kategori Keterampilan Teknik.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com