Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Lokasi Jadi Sasaran Program Pamsimas di Lamongan Tahun Ini

Kompas.com - 11/10/2022, 07:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya menciptakan pola hidup bersih dan sehat, melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Untuk tahun 2022 ini, ada sebanyak enam lokasi yang telah disepakati menjadi sasaran dalam program Pamsimas, yang dilaksanakan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Lima lokasi di antaranya didanai oleh APBN, sementara satu lokasi menggunakan dana APBD.

Keenam lokasi tersebut yakni, Desa Sumberdadi Kecamatan Mantup, Desa Banjarwati Kecamatan Paciran, Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng, Desa Jubelkidul Kecamatan Sugio, Desa Bulubrangsi Kecamatan Laren, serta Desa Candisari Kecamatan Sambeng.

Baca juga: 24,5 Juta Masyarakat Indonesia Dapat Akses Air Minum Melalui Pamsimas

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi optimistis program Pamsimas dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam hal akses air minum dan sanitasi yang lebih baik.

Ini terungkap, saat Yuhronur meresmikan Pamsimas Sumber Lancar yang terletak di Desa Sumberdadi, Kecamatan Mantup, Lamongan, Senin (10/10/2022).

"Semoga adanya Pamsimas ini, akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat di Sumberdadi. Hari ini, saya resmikan dan dapat dimulai penggunaannya," ujar Yuhronur, saat meresmikan Pamsimas Sumber Lancar.

Untuk pelaksanaan program Pamsimas ini melibatkan masyarakat secara penuh. Artinya, masyarakat memiliki peran aktif mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemeliharaan di bawah bimbingan tim fasilitator yang direkrut oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selain itu, program Pamsimas yang dilaksanakan untuk akses air minum dan sanitasi yang lebih baik pada masyarakat, juga menjadi program kolaboratif antar stakeholder seperti pemerintah pusat, daerah, hingga tingkat desa.

"Harapannya setelah diresmikan, masyarakat yang sudah mendapatkan tanggung jawab untuk memelihara Pamsimas ini, nanti dapat benar-benar menjaga dan mengelola dengan baik. Agar tidak terhenti dan dapat terus memberikan manfaat," kata Yuhronur.

Untuk pelaksanaan program Pamsimas, kegiatan fisik yang dilakukan mencakup pembangunan sarana air minum, bangunan menara, jaringan perpipaan distribusi, serta sambungan rumah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com