Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24,5 Juta Masyarakat Indonesia Dapat Akses Air Minum Melalui Pamsimas

Kompas.com - 29/08/2022, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Sejak tahun 2008 hingga saat ini, sebanyak 24,5 juta masyarakat Indonesia sudah mendapatkan akses untuk air minum yang bersih dan layak.

Jumlah tersebut tersebar merata di 35.928 desa/kelurahan yang berada pada 408 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Capaian ini tak terlepas dari program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) yang diadakan oleh Kementerian PUPR.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah mengaku senang karena program Pamsimas telah memberi manfaat berupa kemudahan dalam mengakses air minum dan tersedianya kualitas air yang lebih baik bagi masyarakat. 

Baca juga: Program Pamsimas III Berakhir 2021, Begini Rencana Pemerintah Selanjutnya

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak atas dukungan dan kerjasamanya dalam penyelenggaraan program Pamsimas dan berharap kerja sama yang telah dibina dengan baik selama ini dapat terus berlanjut,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Namun demikian, ia mengaku masih banyak hal yang perlu ditingkatkan yaitu pengelolaan pelayanan air minum oleh masyarakat.

“Program ini juga masih menyisakan tantangan untuk desa-desa yang belum mendapatkan layanan air minum,” tambah Mohammad.

Saat ini, upaya penyediaan akses air minum dan sanitasi layak dan aman bagi masyarakat masih menghadapi berbagai tantangan krusial.

Mulai dari urbanisasi, perubahan iklim, belum optimalnya komitmen stakeholders, keterbatasan fiskal daerah, serta pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari 2 tahun.

Berdasarkan penelitian Indonesia Water Institute pada tahun 2021, pandemi Covid-19 berdampak signifikan pada peningkatan konsumsi air bersih untuk penerapan protokol kesehatan dalam aktivitas masyarakat sehari-hari.

Untuk itu, kawasan permukiman, harus dipastikan memiliki ketersediaan infrastruktur penyediaan air minum dan sanitasi yang memadai.

Baca juga: Bangun Infrastruktur Air Bersih di IKN, Pemerintah Duet dengan Korsel

Dalam perspektif global, terkait dengan penyediaan akses air minum dan sanitasi yang layak dan aman, Indonesia berkomitmen untuk mendorong terwujudnya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) ke-6 yaitu “Menjamin Ketersediaan serta Pengelolaan Air Bersih dan Sanitasi yang Berkelanjutan untuk Semua”.

Untuk itu, dalam Rencana Strategis Kementerian PUPR 2020-2024, dinyatakan tujuan pembangunan infrastruktur permukiman adalah meningkatnya pemenuhan infrastruktur permukiman yang layak dan aman.

Targetnya 100 persen masyarakat di Indonesia sudah mendapatkan akses air minum layak dan 90 persen akses terhadap sanitasi.

Pelaksanaan Pamsimas tentunya memerlukan dukungan, komitmen, kerjasama, dan kolaborasi yang baik dari para pemangku kepentingan terkait sesuai peran dan kewenangannya, baik di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, sampai dengan desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com