Keren! Jalan Tol Cibitung-Cilincing Punya Transit Hub Seluas 40 Hektar

Kompas.com - 20/09/2022, 13:30 WIB

 

JAKARTA,KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan Tol Cibitung-Cilincing pada Selasa (20/9/2022). Jalan yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR) diresmikan bersama dengan jalan Tol Serpong Balaraja seksi 1.

Kepala BPJT, Danang Parikesit menyampaikan ada salah satu fitur unik di ruas tol Cibitung-Cilincing yakni Transit Hub.

“Salah satu hal yang unik di ruas Cibitung-Cilincing adalah keberadaan transit hub yang merupakan modifikasi pengembangan dari konsep rest area logistik,” ungkap Danang seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Manfaat Tol Cibitung-Cilincing Percepat Mobilitas dari Kawasan Industri Bekasi

Dikatakan rest area tersebut akan memiliki luas sebesar 40 hektar dan diharapkan dapat menjadi pusat konsolidasi dari kontainer-kontainer yang akan masuk ke Tanjung Priok.

Transit hub ini diharapkan bisa mengurangi dwelling time yang ada di Tanjung Priok,” jelasnya.

Danang menyampaikan ruas jalan Tol Cibitung-Cilincing yang merupakan bagian dari tol JORR 2 merupakan ruas yang penting karena mengakomodasi kawasan-kawasan industri yang berada di wilayah Jabodetabek bagian barat.

Seperti diketahui hampir semua Kawasan Industri 60 hingga 70 persen berada di kawasan sebelah timur Jakarta dan kehadiran ruas tol ini akan menghubungkan antara Cibitung hingga Cilincing.

“Harapannya, kawasan-kawasan industri ini bisa langsung terkoneksi ke Priok atau pelabuhan di Tanjung Priok,” papar Danang.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang diresmikan ini memiliki panjang 27,2 kilometer dan diharapkan akan mempercepat mobilitas barang, utamanya barang-barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi.

Baca juga: BUJT Diminta Perbanyak CCTV, Hindari Kecelakaan Berulang di Jalan Tol

Sebagai informasi, jalan tol ini telah diambil alih oleh PT Pelindo dari PT Waskita Karya ini dapat memberikan pelayanan kepada truk-truk logistik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.